Makassar (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Bantaeng DR Andi Abu Bakar memastikan harga kebutuhan pokok di Bantaeng masih stabil atau inflasi masih terkendali.

"Hampir dipastikan stok pangan di Kabupaten Bantaeng masih mencukupi, daerah ini hampir tidak terjadi inflasi," ujarnya usai melakukan kunjungan ke Pasar Sentral Bantaeng, Kamis.

Dia melakukan kunjungan pasar didampingi para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan mendatangi beberapa pedagang untuk membandingkan harga kebutuhan pokok terutama beras. 

"Harganya (kebutuhan pokok) relatif stabil. Kita juga pastikan stok pangan kita masih cukup," kata DR Andi Abu Baka.

Andi Abu Bakar juga mengaku telah melakukan koordinasi dengan Bulog Kabupaten Bantaeng. Koordinasi ini dilakukan untuk memastikan stok pangan Kabupaten Bantaeng masih aman. 

"Kita punya stok beras sekarang ini, cukup sampai Desember. Stoknya, ada sampai 380 ton. Januari nanti, kita juga mendapat pasokan beras tambahan lagi," ungkap dia. 

Meski demikian, pihaknya tetap akan melakukan operasi pasar murah dalam waktu dekat ini. Operasi pasar murah ini dilakukan untuk mempermudah akses masyarakat terkait kebutuhan pangan. 

Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan UMKM Kabupaten Bantaeng Muhammad Tasfir mengatakan operasi pasar ini dilakukan untuk memastikan kebutuhan-kebutuhan pokok masyarakat Bantaeng tetap terpenuhi. Saat ini, kebutuhan pokok untuk daerah ini masih mencukupi. 

Dia menambahkan, inflasi terkait dengan kebutuhan pokok di Bantaeng masih relatif stabil. Dia menyebut, di beberapa pedagang memang terjadi beberapa perbedaan harga tetapi bukan karena berkurangnya stok pangan. 

"Ini harganya yang lebih fluktuatif. Kondisi di Bantaeng ini, masih relatif lebih stabil," katanya.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024