Makassar (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan (Sulsel) Liberti Sitinjak mengharapkan para notaris melaksanakan tugas secara profesional.

"Saya berharap seluruh notaris dapat melaksanakan tugas secara profesional dan sesuai kewenangannya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Liberti saat melantik dan mengambil sumpah 57 Notaris Wilayah Sulawesi Selatan, di Hotel Claro Makassar, Senin (16/10).

Liberti meminta kegiatan ini tidak hanya dimaknai sebatas seremonial saja, tetapi harus dapat diimplementasikan dalam rangka memberikan pelayanan hukum yang pasti serta menjaga marwah profesi notaris yang dipercaya oleh negara.

“Ingatlah, kehadiran notaris bukan justru mengaburkan hak-hak keperdataan seseorang, melainkan untuk menciptakan kepastian hukum di bidang keperdataan itu sendiri,” ujarnya.

Kakanwil mengingatkan kepada notaris yang baru dilantik agar bekerja dengan penuh cermat dan tidak berpihak. Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak (kiri)  saat melantik dan mengambil sumpah 57 Notaris Wilayah Sulawesi Selatan, di Hotel Claro Makassar, Senin (16/10/2023). ANTARA/HO-Kemenkumham Sulsel

“Jangan sampai ada laporan dari masyarakat terkait kinerja notaris yang tidak cermat dan berpihak saat bekerja. Jika saudara tetap melanggar, saudara harus siap-siap diperiksa di Kanwil,” tegas Liberti.

“Mudah-mudahan para notaris yang kita lantik hari ini,  dapat menunjukkan kinerja (performance) sesuai harapan dan produk yang dihasilkan dapat bermanfaat bagi negara,” lanjutnya

Liberti Sitinjak berpesan semoga sumpah dan janji yang diucapkan benar-benar bisa diimplementasikan demi kemaslahatan masyarakat Suasana pelantikan dan pengambilan sumpah 57 Notaris Wilayah Sulawesi Selatan, di Hotel Claro Makassar, Senin (16/10/2023). ANTARA/HO-Kemenkumham Sulsel

Pelantikan ini turut dihadiri oleh Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Sulsel, Ka UPT sekitar Kota Makassar, Kepala Bidang Pelayanan Hukum Kanwil Mohammad Yani, Kepala Subbidang Pelayanan Administrasi Hukum Umum (AHU) Jean Henry Patu, Ketua dan Jajaran Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia (INI) Sulawesi Selatan, serta Ketua dan Jajaran Pengurus Daerah INI Makassar, Gowa, dan Maros.(*/Inf)

Pewarta : Darim
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024