Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat berkomitmen memperkuat perlindungan terhadap pekerja migran Indonesia melalui pembentukan Pos Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (P4MI).

"Saat ini, sudah terbentuk P4MI Sulbar yang berada di Kabupaten Polewali Mandar," kata Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh, Rabu.

Pembentukan P4MI yang dilakukan Pemprov Sulbar kata Zudan Arif Fakrulloh, juga dirangkai dengan pengukuhan dewan pengurus Korpri Badan Perlindungan Pekerja Migran (BP2MI)

Pembentukan P4MI kata Zudan Arif Fakrulloh, menjadi komitmen serius pemerintah mendekatkan layanan kepada masyarakat.

"Tentu kita bersyukur bisa membentuk sebuah tempat sebagai pos yang bisa memberikan perlindungan dan layanan bagi pekerja migran. Kami menyampaikan terima kasih kepada Kepala BP2MI yang telah memberi izin pendirian P4MI," kata Zudan Arif Fakrulloh.

Pembentukan P4MI menurut Zudan Arif Fakrulloh, merupakan langkah yang tepat sebab saat ini seluruh layanan yang ada telah terpenuhi dengan baik dan siap untuk mengoperasikan P4MI.

"Ini juga menjadikan usaha perluasan tenaga kerja sampai keluar negeri secara legal dengan perlindungan yang maksimal," terang Zudan Arif Fakrulloh.

Ia meminta seluruh pengurus agar mendukung penuh program yang dicanangkan pemerintah pusat, sebagai komitmen untuk menyerap secara maksimal tenaga kerja, sekaligus juga dengan memberikan perlindungan yang optimal.

Terkait pengukuhan dewan pengurus Korpri BP2MI, Zudan Arif Fakrulloh mengaku bersyukur karena telah terbentuk pengurus Korpri bagi jajaran BP2MI.

Hal itu menurutnya, menunjukkan ekosistem ASN harus terus ditingkatkan menjadikan ASN berprestasi dan berinovasi serta berkinerja tinggi.

"Ini sejarah di Korpri, karena untuk pertama kali terbentuk di BP2MI. Korpri kita dorong agar membuat program yang berdampak langsung ke masyarakat dan berdampak kepada anggota," jelas Zudan Arif Fakrulloh.

Sementara, Deputi Penempatan dan Perlindungan Kawasan Amerika dan Pasifik BP2MI Lasro Simbolon menyampaikan, pembentukan P4MI menunjukkan bahwa pekerja migran adalah pejuang keluarga, pahlawan devisa yang harus dimuliakan.

"P4MI menjadi pusat kendali basis data dan menjadi instrumen garis pertama dalam memberikan perlindungan," ujar Lasro Simbolon.

Pembentukan P4MI di Kabupaten Polewali Mandar lanjutnya, menjadi sejarah untuk semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Dengan semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat kita berkeyakinan idealisme, penguatan pekerja, perlindungan akan terus bisa terwujud," kata Lasro Simbolon.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sulbar perkuat layanan perlindungan pekerja migran Indonesia

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024