Makassar (ANTARA) - Direktur Utama PT Pelindo Jasa Maritim bagian dari PT Pelabuhan Indonesia(Pelindo) Persero, Prasetyadi memaparkan optimalisasi sumber daya manusia (SDM) anak perusahaan badan usaha milik negara ini di Pascasarjana Universitas Airlangga.

"Sumber daya manusia merupakan salah satu enabler (penggerak) yang perlu dilakukan untuk mendapat capaian visi perusahaan termasuk PT Pelindo Jasa Maritim," kata Prasetyadi dalam keterangan  di Makassar, Minggu.

Dia mengatakan, sumber daya manusia sesuai dengan tema yang diangkat adalah mencerminkan semangat dalam mendorong perang sumber daya manusia dalam mencapai kemajuan Indonesia termasuk berkontribusi secara global.

Menurut dia, Think global atau berpikir global merupakan salah satu unsur penting khususnya dalam konteks sumber daya manusia dalam era 5.0 menuju Indonesia Emas 2045.

Berkaitan dengan hal tersebut Prasetyadi mengatakan, manajemen waktu dan manajemen perubahan pada pengelolaan sumber daya manusia merupakan dua hal penting yang perlu menjadi perhatian bersama khususnya menghadapi persaingan industri global.

"Peran SPJM dalam mengoptimalkan potensi SDM sektor maritim termasuk dukungan terhadap dunia pendidikan dengan menggelar beberapa program antara lain magang bertalenta (Magenta)," katanya.

Magenta ini untuk pelajar mahasiswa dan fresh graduate untuk mengaplikasikan ilmu yang peserta magang dapatkan di bangku kuliah.

Selain itu, ada rekrutmen bersama BUMN untuk disabilitas dan program Pelindo mengajar untuk menjelaskan peran BUMN Pelindo dalam rantai logistik perekonomian Indonesia.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024