Makassar, (Antara Sulsel) - Reporter media online UIN Alauddin Makassar (uin-alauddin.ac.id), Rahmawati, ditetapkan sebagai peserta terbaik Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) Angkatan II Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulsel, di Gedung PWI Sulsel, Jl AP Pettarani Makassar, 12-23 November 2013.

Peringkat kedua ditempati Ahmad Mubaroq dari Majalah Akselerasi, sedangkan peringkat ketiga direbut wartawan Majalah Almamater, Asmiwati.

"Tingkat kelulusan cukup memuaskan. Nilai akademiknya bagus dan kualitasnya jauh lebih baik dibandingkan dengan SJI angkatan pertama dan daerah lain," ungkap Wakil Ketua PWI Pusat yang juga Ketua Umum Yayasan SJI, Marah Sakti Siregar, di Gedung PWI Sulsel, Sabtu, 23 November 2013.

Wakil Ketua PWI Sulsel yang juga Kepala Sekolah SJI Angkatan II PWI Sulsel, Ismail Asnawi, mengatakan, SJI Angkatan II PWI Sulsel diikuti 40 peserta dari berbagai media cetak, media elektronik, dan media online.

"Mereka yang lulus SJI akan mendapatkan sertifikat. Selain memperhitungkan nilai hasil tes, absensi juga menjadi syarat wajib dalam menentukan kelulusan peserta SJI, karena melalui SJI ini, para peserta dididik menjadi wartawan profesional dan memiliki kompetensi bidang jurnalistik," tuturnya.

Para pengajar pada SJI yang berjumlah 18 orang, katanya, adalah wartawan kawakan dan sudah berpengalaman yang semuanya dari Jakarta.

"Melalui SJI ini, kita berharap para wartawan muda dapat bekerja secara profesional  tenaga pengajar Profesional dalam hal kewartawanan dan bekerja di berbagai media di ibukota.tujuan diadakannya sji ini agar wartawan mudah  dapat lebih presional," urai Ismail.

Ketua PWI Sulsel, Zulkifli Gani Ottoh, mengatakan, PWI Sulsel sebenarnya ingin menggelar SJI Utama, tetapi kurikulumnya ternyata belum selesai dibuat oleh PWI Pusat, sehingga akhirnya kembali dilaksanakan SJI Tingkat Dasar yang diperuntukkan bagi para wartawan muda.

* Jurnalisme Warga





Pewarta : Asmiwati *
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024