Makassar (ANTARA) - Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa MSc mengatakan profesor di perguruan tinggi memiliki peran strategis dalam peningkatan kegiatan akademik dan mutu pendidikan ke depan.

Jamaluddin Jompa di Makassar Selasa mengatakan, peningkatan jumlah guru besar Unhas pada hari ini, diharapkan akan memperkaya sumber daya manusia universitas dan berdampak positif pada kualitas lulusan yang dihasilkan.

"Penambahan guru besar merupakan langkah strategis yang menunjukkan komitmen Unhas dalam meningkatkan kualitas pendidikan," kata Prof Jamaluddin Jompa dalam Rapat Paripurna Senat Akademik terbatas dalam rangka upacara pengukuhan dan penerimaan jabatan tiga profesor.

Dia menjelaskan, para guru besar yang dikukuhkan hari ini adalah individu yang telah terbukti dalam bidangnya masing-masing dan akan membawa kontribusi besar dalam riset, pengajaran, dan pengembangan kurikulum di FIKP Unhas.

"Seorang profesor bukan hanya simbol keunggulan akademik, namun juga sumber inspirasi bagi mahasiswa dan dosen muda. Mereka memiliki peran penting dalam mengembangkan riset inovatif, meningkatkan kolaborasi antar lembaga, serta menjamin integritas proses belajar mengajar." kata Jamaluddin Jompa.

Jamaluddin Jompa menjelaskan lebih lanjut, peran kunci universitas sangat penting dalam mendukung penelitian dan inovasi dalam ilmu kelautan dan perikanan, yang merupakan sektor penting bagi pembangunan berkelanjutan.

Karena itu, katanya, pengukuhan tiga guru besar ini menjadi langkah besar menuju pencapaian visi Unhas dalam memberikan pendidikan berkualitas, menghasilkan penelitian yang relevan, dan mendorong pertumbuhan sektor kelautan dan perikanan di wilayah ini.

Dia mengharapkan dengan pengukuhan tiga guru besar baru tersebut FIKP Unhas akan semakin kuat dalam mendukung visi universitas untuk menjadi pusat keunggulan di bidang ilmu kelautan dan perikanan, sejalan dengan potensi dan kekayaan sumber daya laut Indonesia.

Ketiga profesor yang baru dikukuhkan hari ini yakni Prof Safruddin SPi MP PhD sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Oseanografi Perikanan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (Guru besar ke-488).

Kemudian Prof Dr Ir Mardiana E Fachry MSi Guru Besar Bidang Ilmu Sosiologi Masyarakat Pesisir Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (Guru besar ke-489).

Serta Prof Dr Ahmad Faizal ST MSi Guru Besar Bidang Ilmu Pemetaan Untuk Eksplorasi Sumberdaya Hayati Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan sebagai Guru Besar Unhas ke-490.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024