Makassar (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Makassar, Sulawesi Selatan turut mengawal kedatangan bilik suara perdana logistik Pemilu 2024 yang tiba di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar guna melakukan pengawasan dan pengecekan barang tersebut.

"Logistik yang sudah tiba jenis bilik suara. Jumlah kebutuhan sebanyak 16.016 lembar atau sebanyak 1.601 ikat. Jumlah yang diterima 15.405 lembar atau 1.540 ikat. Masih ada kurang 611 lembar atau 62 ikat. Standar barang sesuai" sebut Ketua Bawaslu Makassar Dede Arwinsyah, Selasa.

Logistik Pemilu tahap pertama tersebut, kata Dede, bilik suara berbahan duplex. Guna memastikan kondisi barang layak maka dilakukan pengawasan, menyaksikan pembongkaran logistik yang diangkut mobil ke dalam gudang penyimpanan di kompleks pergudangan, Jalan Insinyur Sutami.

"Pengawasan logistik ini dilakukan Bawaslu Makassar dengan tetap berkoordinasi dengan teman-teman KPU agar setiap pembongkaran logistik pemilu yang digunakan bisa di awasi oleh Bawaslu," tuturnya.

Dengan adanya bilik suara tersebut, kata dia, maka logistik keperluan untuk Pemilu lainnya akan mulai didistribusikan, sehingga pihaknya memiliki tugas melaksanakan pengawasan serta memastikan logistik yang digunakan sesuai standar.

"Dalam waktu tidak lama, setelah bilik suara ini maka logistik yang akan tiba adalah tinta. Oleh karenanya bawaslu akan selalu melakukan pengawasan terkait kedatangan logistik tersebut," papar dia menekankan.

"Dan ini untuk memastikan logistik itu berdasarkan prinsip tepat jumlah, tepat jenis, tepat sasaran, tepat waktu, tepat kualitas dan efisien maka kami segera mengirimkan surat ke KPU Makassar," kata Dede menambahkan.

Sebelumnya, Ketua KPU Makassar Faridl Wajdi menyebutkan, logistik tahap pertama untuk bilik suara sudah tiba pada Senin (23/10) di gudang penyimpanan sebanyak 4.490 lembar bilik dari kebutuhan sebanyak 16.016 lembar.

Jumlah bilik ini diperuntukkan bagi 4.004 tempat pemungutan suara (tps) dengan masing-masing empat bilik di tps tersebut di wilayah Kota Makassar pada hari pemungutan suara 14 Februari 2024.


Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024