Makassar (ANTARA) - Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan Jaya Saputra berharap Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Makassar mewujudkan predikat Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK).

Hal tersebut diungkapkan Kadiv Keimigrasian Jaya Saputra saat memimpin serah terima jabatan (sertijab) dan pisah sambut Kepala Rudenim Makassar dari Alimuddin kepada Atang Kuswana di Aula Rudenim Makassar, Selasa (24/10).

Alimuddin yang bertugas di Rudenim Makassar sejak Februari tahun 2021 pindah tugas sebagai Kakanim Kelas I Pangkal Pinang, sedang Atang Kuswana sebelumnya menjabat sebagai Analis Keimigrasian Muda Pada Direktorat Lalu Lintas Keimigrasian.

"Terima kasih dari Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Sulsel karena telah memimpin Rudenim Makassar dengan baik. Alimuddin merupakan sosok yang loyal terhadap pimpinan dan menjalankan perintah pimpinan untuk kemajuan dan kebaikan Organisasi," kata Jaya Saputra.

Jaya mengungkapkan,  banyak hal yang telah dilakukan Alimuddin selama memimpin Rudenim  Makassar, karena mampu menjalin koordinasi dan komunikasi yang baik dengan semua stakeholder.

Kadiv berpesan kepada pejabat baru untuk bisa lebih memperkenalkan Rudenim kepada masyarakat karena saat ini Rudenim fungsinya hanya melakukan pengawasan orang asing.

"Karudenim baru harus mampu merangkul dan menggandeng pihak kepolisian, TNI, Kejaksaan dan Pemasyarakatan dalam melakukan tugas pengawasan," ujarnya.

Sementara itu, Alimuddin mengatakan banyak suka duka selama menjabat Karudenim Makassar.

"Saya menyampaikan permohonan maaf apabila ada tindakan ataupun perkataan yang kurang baik selama kami menjabat sebagai Kepala Rudenim Makassar," ucap Alimuddin

Sedangkan, Atang Kuswana mengatakan siap mengemban amanah sebagai Karudenim  Makassar yang baru dan meningkatkan kinerja Rudenim Makassar.

"Terima kasih atas kehadiran dan dukungan dari segenap stakeholder, kami mohon dukungan dan dorongan dari segenap pegawai Rudenim Makassar dan seluruh pihak agar dapat meneruskan dan meningkatkan apa yang telah  dibangun Karudenim lama," terang Atang Kuswana

Sebelumnya Mewakili pegawai Rudenim Makassar, Kasubag TU, Haruna menyampaikan bahwa Alimuddin merupakan sosok pemimpin yang disiplin, tegas dan perhatian serta menumbuhkan rasa kekeluargaan yang kuat di Rudenim Makassar.

Alimuddin mampu memberikan contoh sebagai pimpinan yang loyal kepada bawahannya.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian cenderamata dan sambutan dari Sekretaris Kesbangpol Kota Makassar.

Kegiatan ini turut dihadiri KaUPT  di sekitar Kota Makassar, Jajaran Forkopimda Kabupaten Gowa, Pemda Gowa, UNHCR, IOM dan stakeholder lainnya.(*/Inf)

Pewarta : Darim
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024