Makassar (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Makassar mendukung rencana Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulawesi Selatan membangun Sentra UMKM untuk mengembangkan, menampung dan memasarkan produk-produk pengusaha lokal.

"Kami di Dekranasda Kota Makassar
mendukung program Apindo Sulsel. Kami pun berterima kasih atas rencana pengadaan Sentra UMKM yang tentunya menjadi bagian dari pengembangan UMKM Kota Makassar," kata Ketua Dekranasda Kota Makassar Indira Yusuf Ismail di Makassar, Sulsel, Selasa.

Indira mengatakan dukungan dan bantuan dari semua pihak sangat diharapkan dalam memperkenalkan produk-produk UMKM yang dihasilkan di Kota Makassar.

"Harapan kita sangat besar, bantuan dari semua sektor tentu kita sangat harapkan untuk mengenalkan bahwa ini loh produk Makassar," katanya.

Indira menekankan harapannya dengan hadirnya Sentra UMKM Apindo dapat mendukung Pemkot Makassar meningkatkan perekonomian.

Dia pun tidak lupa mengingatkan pelaku UMKM merupakan bagian penting yang menentukan kualitas dan penjualan produk UMKM Kota Makassar. Mental dan pola pikir yang kuat akan menjadi bekal penting bagi mereka dalam berwirausaha.

Sehingga dengan hadirnya Sentra UMKM Apindo Sulsel dapat bersinergi dengan Inkubator Center Kota Makassar yang dibuat untuk membantu, membimbing dan membuka peluang bisnis bagi pelaku UMKM serta menjadi wadah peningkatan kualitas pelaku usaha di Makassar.

"Bagaimana juga mengedukasi pelaku usaha itu sendiri agar dia mau semangat dan belajar, kita berharap mental enterpreneur itu dari UMKM itu sendiri. Karena kalau tidak produk yang kita kurasi sedemikian rupa, tidak tercapai," harapnya.

Wakil Ketua DPP Apindo Sulsel Achmadi Kamaruddin menjelaskan kantor baru Apindo Sulsel yang baru saja diresmikan oleh Wali Kota Makassar pada Juli 2023 itu, akan digunakan sebagian untuk Sentra UMKM.

Dia menyebutkan untuk lantai 1, akan diisi dengan produk UMKM Binaan. Sementara lantai 2, Apindo berencana mengisinya dengan berbagai produk kerajinan dan kesenian dari Dekranasda Kota Makassar.

"Tentu produknya kita kurasi dulu. Kita sudah pasarkan (Sentra UMKM) ke beberapa UKM seperti Pertamina, PLN dan BUMN lainnya. Lantai dua mau kita fokuskan untuk kerajinan Dekranasda. Harapan kita kalau ada tamu yang mau belanja oleh-oleh, kita bisa arahkan ke Sentra UMKM," ucapnya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024