Makassar (ANTARA) - Komunitas Tamiya Latto Garage menggelar turnamen sesi akhir Tour The Celebes 2023 kelima yang akan menghadirkan ratusan racer untuk berlomba pada Grand Final Nasional Champhionship Mini 4WD Max Damper dengan hadiah total Rp120 juta di mulai 3-5 November 2023 di Phinisi Poin Mal (Pipo) Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kita harapkan dari Tour The Celebes ini adalah memperkenalkan bahwa ada komunitas pencinta Tamiya 4WD yang masih eksis. Kedua, mengolahragakan mini 4WD ke arah profesional. Karena, tahun depan akan ada penjaringan untuk PON (Pekan Olahraga Nasional) di Kota Medan," kata Anggota Komite Mini 4WD Sulsel Indra di Makassar, Rabu.

Menurut dia, selain menikmati hobi oleh para racer, turnamen ini juga sangat berpotensi menjaring bakat para racer calon atlet 4WD dari mekanik maupun tim untuk kontingen Sulsel diikutkan berlaga di PON 2024, mengingat Tamiya mini 4WD telah dimasukkan dalam salah satu cabang olahraga di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Pelaksanaan turnamen tersebut, kata dia, diselenggarakan sebelumnya di wilayah Pulau Sulawesi, seperti Kota Kendari, Kota Palu, Luwuk Banggai, dan Kabupaten Bone dan grand final di Kota Makassar.

Sejauh ini untuk data peserta racer yang telah mendaftar sudah mencapai 31 tim mulai dari Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat dan Gorontalo. Sedangkan dari luar Sulawesi ada dari Yogyakarta, Surabaya, Papua, Jakarta dan Kalimantan.

"Kita targetkan sekitar 300 orang peserta, dan panitia masih membuka pendaftaran bagi para tim. Dalam satu tim itu bervariasi ada hanya tiga orang bahkan 15 sampai 20 orang," katanya.


  Sejumlah mekanik dan tim mempersiapkan mobil Tamiya Mini 4WD memasuki kualifikasi kategori Standar Tamiya Box (STB) pada Grand Final National Championship Mini 4WD Max Damper Tour The Celebes 2023 yang akan berlangsung 3-5 November 2023 di Phinisi Poin Mal (Pipo) Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (1/11/2023). ANTARA/Darwin Fatir.

Untuk race hari ini, lanjutnya masih tahapan kompetisi memasuki kualifikasi kategori Standar Tamiya Box (STB). Selanjutnya pada pembukaan nanti akan dilaksanakan turnamen puncak di hadiri ratusan peserta dari berbagai daerah.

Pimpinan komunitas Latto Garage Makassar ini mengungkapkan, turnamen Tamiya mini 4WD Tour The Celebes 2023 ini terselenggara tidak lepas dari peran para komunitas berjibaku membuat regulasi. Apalagi dibantu oleh racer nasional DJ dan David Paul Barubu ikut berperan menyusun regulasi teknis dalam membantu terselenggaranya turnamen.

Ketua panitia pelaksana kegiatan Denny Wahyudi menambahkan, sudah beberapa tim yang mengkonfirmasi kehadiran untuk mengikuti lomba bukan hanya dari Pulau Sulawesi tapi dari Pulau Jawa dan Kalimantan. Kegiatan ini selain menyalurkan hobi tanpa batas usai, juga sekaligus mencari bakat atlet baru di cabang olahraga kelas mini 4WD.

"Dalam turnamen ini Tour The Celebes 2023 ini kita menghadirkan kontes mobi; Tamiya. Akan dipilih tiga mobil Tamiya 4WD dengan tampilan terbaik, bahkan salah satu dewan jurinya dari jurnalis. Untuk penetapan pemenang nanti ditentukan di lintasan balap siapa duluan masuk finish," tutur Aco disapa akrab sekaligus atlet senior Tamiya mini 4WD ini menambahkan.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024