Makassar (ANTARA) - Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis, mengapresiasi dan mendukung gagasan Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, di bidang pertanian, khususnya budidaya pisang cavendish, yang dinilai menggugah para civitas akademika UIN Alauddin Makassar.

Prof Hamdan, mengatakan budidaya pisang, ataupun beberapa program sektor perikanan seperti rumah ikan atau rumpon patut diapresiasi. Apalagi Pemprov Sulsel menggandeng Badan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), untuk menyiapkan skema bisnisnya.

"Kami lihat ada skema KUR (kredit usaha rakyat) untuk para petani dan nelayan," ujarnya saat audiensi bersama Pj Gubernur Bahtiar di Rumah Jabatan Gubernur, Senin.

Pada kesempatan itu Prof Hamdan juga  mengundang Pj Gubernur Sulsel hadir dalam acara Dies Natalis UIN Alauddin Makassar yang ke-58 tahun, pada 13 Desember 2023.
 
"Kami memohon dengan sangat, Bapak Gubernur Sulsel bisa hadir dan memberikan orasi ilmiah dan sambutan dalam acara Dies Natalis UIN yang ke-58 tahun," harapnya.

Sementara itu, Bahtiar Baharuddin, menyampaikan terima kasih kepada Rektor UIN Alauddin Makassar atas kehadirannya di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel.

Bahtiar menyampaikan, dirinya tidak setengah-setengah dalam merencanakan program soal pertanian dan perikanan, dan bertekad menjadikan Sulsel sebagai daerah produsen pisang terbesar dunia, mengalahkan Thailand.

Ia menjelaskan, saat ini sudah tersusun skema bisnis khusus budidaya pisang. Begitupun dengan sektor perikanan.

"Ini kita gunakan KUR untuk petani, (nilainya) Rp100 juta per hektare dan ada juga KUR mikro bagi nelayan," jelasnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024