Mamuju (ANTARA) - Sebanyak lima desa di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mendapat bantuan kendaraan ambulans yang dipergunakan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Bupati Mamuju Sutinah Suhardi di Mamuju Senin mengatakan, sebagai komitmen pemerintah Mamuju dalam meningkatkan pelayanan kesehatan, maka tahun ini lima desa diberi bantuan kendaraan ambulance.

Ia menjelaskan, lima desa yang diberikan bantuan kendaraan ambulans yang pengadaannya menggunakan dana dari APBD Mamuju mencapai miliaran Rupiah tersebut di antaranya Desa Taan Kecamatan Tapalang dan Desa Pangasaan Kecamatan Tapalang Barat.

Selain itu Desa Tumonga Kecamatan Kalumpang, Desa Tamalea Kecamatan Bonehau, dan Desa Salubarana Kecamatan Sampaga.

"Kendaraan ambulans yang diberikan bagi sejumlah desa tersebut masing-masing bermerek Toyota Hilux Double kabin, yang mampu menghadapi segala medan jalan yang ada di Mamuju," katanya.

Ia mengatakan, kendaraan ambulans tersebut sangat dibutuhkan masyarakat untuk digunakan melayani setiap pasien rujukan agar mendapatkan pelayanan medis.

"Masyarakat dalam kondisi darurat maupun untuk merujuk pasien yang butuh penanganan lanjutan, dapat menggunakan kendaraan ambulance tersebut dengan gratis tanpa ada pembayaran," katanya.

Bupati mengatakan, selain memberikan bantuan kendaraan ambulance tersebut, pemerintah Kabupaten Mamuju juga memberikan bantuan kendaraan ambulans laut berupa kapal perahu motor untuk Desa Pulau Salissingan yang berada di selat Makassar.

"Kendaraan ambulans laut tersebut telah dilengkapi fasilitas medis dasar yang dapat digunakan dalam kondisi darurat maupun untuk merujuk pasien ke Rumah Sakit di Kota Mamuju," katanya.

Ia berharap dengan bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat, serta dapat terbantu mendapatkan pelayanan kesehatan.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024