Makassar (ANTARA) - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Abdul Karim Dania menyerahkan piagam penghargaan kepada 31 tenaga kesehatan (nakes) pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59 tahun di Gowa, Senin.

Puluhan nakes ini dinilai telah berprestasi dalam pengelolaan program kesehatan di puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Gowa.

Abdul Karim Dania mengapresiasi seluruh penerima piagam penghargaan atas segala upaya dalam melaksanakan dan mengawal program kesehatan di tempat masing-masing.

“Penghargaan ini harus menjadi motivasi bagi tenaga kesehatan untuk terus meningkatkan kemampuannya dan kinerja sehingga program-program kesehatan di setiap puskesmas dapat berjalan maksimal,” ujarnya.

Saat ini Indonesia tengah mengalami periode bonus demografi yang terjadi hanya satu kali dalam peradaban sebuah negara. Bangsa Indonesia harus bekerja keras memanfaatkan peluang ini sebagai momentum Indonesia lolos dari middle income trap menjadi negara yang berpendapatan berpendapatan tinggi serta mencapai visi Indonesia emas 2004.

“Kunci mencapai masa keemasan itu karena pemerintah pusat tidak mampu melakukan sendiri, harus ada sinergi yang kuat dan kolaborasi yang erat melalui enam pilar transformasi kesehatan,” katanya saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI.

Transformasi kesehatan adalah tonggak penting dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia menuju bangsa yang maju, tidak hanya di kota-kota besar tetapi harus menjangkau ke seluruh penjuru Indonesia.

“Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada segenap insan kesehatan yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa drg Abdul Haris Usman menyampaikan sejalan dengan Tema HKN tahun ini yakni “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju”, maka pihaknya selaku tenaga kesehatan harus merefleksikan hal tersebut dengan baik.

“Jadi kepada seluruh tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Gowa, mari bersama-sama melaksanakan transformasi kesehatan dengan baik dengan semangat kolaborasi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Gowa,” ujarnya.*

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024