Makassar (ANTARA) - Kelompok GenZi Sulawesi Selatan mengundang calon presiden Ganjar Pranowo ikut mengikuti Jalan Sehat Perjuangan untuk Membela Rakyat Palestina yang sedang berjuang dalam perang melawan zionis Israel di Jalur Gaza.

"Kegiatan ini diprakarsai GenZi Sulsel atau kalangan milenial untuk menggalang dukungan dan donasi bagi warga Palestina sekaligus mengundang Pak Ganjar bersama-sama hadir dalam kegiatan pada hari Minggu (26/11)," ujar Ketua TPD Ganjar-Mahfud Sulsel Udin Malik Saputra di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu.

Ia menegaskan kegiatan tersebut murni dari kalangan GenZi yang sengaja menghadirkan sosok Ganjar karena dinilai sejak awal mendukung Palestina dengan menolak kedatangan kontingen sepak bola Israel saat rencana perhelatan Piala Dunia U-20 di Indonesia, namun belakangan tidak jadi di Indonesia.

Saat ditanyakan apakah jalan santai ini merupakan agenda kampanye, pria disapa dokter Udin ini menegaskan tidak ada unsur kampanye karena ini merupakan agenda GenZi sehingga pihaknya mendukung penuh untuk menghadirkan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

"Ini bukan agenda kampanye. Ini adalah suara dari bawah, Yah sudah kita dukung, terpenting tidak boleh mengandung unsur-unsur kampanye. Jadi kita tidak boleh ada nomor urut, tidak boleh ada ajakan, tidak boleh ada citra diri, seperti itu," kata dokter Udin menegaskan.

Meski Ganjar Pranowo saat ini menyandang status calon presiden, tetapi yang bersangkutan adalah tokoh nasional sehingga pihaknya selalu menekankan dan mengantisipasi kepada panitia bahwa jangan ada unsur-unsur yang mengarah kampanye.

Mengenai dengan peserta tentu tidak bisa diketahui apakah mereka dari aparatur sipil negara (ASN) ataupun aparat TNI/Polri karena yang mendaftar bebas serta terbuka untuk umum sehingga sulit dideteksi. Lagi pula, kegiatan ini tujuannya untuk mendukung rakyat Palestina. Untuk rute Jalan Santai Perjuangan di Jalan Jenderal Sudirman.

Sekretaris TPD Ganjar-Mahfud Sulsel Fadli Ananda menambahkan GenZi merupakan kelompok anak muda dan senang dengan sosok Ganjar Pranowo sehingga meminta TPD menghadirkan yang bersangkutan karena berkaitan dengan Palestina.

"Anak-anak ini suka pak Ganjar karena masalah Palestina kemarin. Mereka tidak memikirkan elektabilitasnya. Waktu kita tahu beliau menolak kedatangan Israel, sebagai dukungan ke Palestina, di situ mereka melihat pak Ganjar tidak memikirkan elektabilitas," kata pria disapa akrab dokter Fadli .

"Dia (Ganjar) memikirkan betul-betul yang lebih besar. Makanya, setelah kami diskusi beberapa partai, menyarankan bahwa yah sudah kita bikin saja gerak jalan ini. Gerak jalan seperti ini tetap kami koordinasikan dengan baik," ujarnya menambahkan.

Disinggung apakah kehadiran Ganjar untuk kampanye, dokter Fadli menegaskan, gerak jalan ini murni untuk tujuan Palestina. Soal peserta yang akan hadir, pihaknya tidak mengetahui pasti berapa jumlahnya.

Berdasarkan informasi, agenda kunjungan Ganjar Pranowo ke Sulsel selama dua hari 25-26 November 2023. Sebelum menghadiri jalan sehat perjuangan Minggu 26 November 2023, Ganjar akan safari politik di Kabupaten Toraja dan Luwu kemudian ke Makassar untuk menghadiri jalan sehat sekaligus pelantikan TPD dan TPK di 24 kabupaten kota se Sulsel dan temu caleg partai koalisi.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024