Makassar (ANTARA) - Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Makassar menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bola Basket 3x3 yang diikuti oleh perwakilan 13 provinsi.

Ketua Umum Perbasasi Kota Makassar Indira Yusuf Ismail di Makassar, Jumat, mengatakan, turnamen nasional diikuti oleh 13 provinsi yang terbagi ke dalam 163 tim putra dan putri yang akan berlaga hingga 3 Desember 2023.

"Kita bersyukur penyelenggaraan Kejurnas 3x3 ini bisa dilaksanakan di Kota Makassar. Tentunya kami Perbasi Kota Makassar berterima kasih kepada Perbasi Pusat karena mengijinkan turnamen diadakan di Kota Makassar dan ini yang pertama kalinya," kata dia.

Indira mengungkapkan, turnamen yang dilaksanakan di Atrium Trans Mal itu merupakan yang pertama Perbasi Kota Makassar menggelarnya, apalagi skalanya tingkat nasional.

Namun demikian, Perbasi Kota Makassar telah berkolaborasi dalam penyelenggaraan berbagai turnamen basket di Makassar, di antaranya RBC Cup 2023 yang dihadiri sejumlah negara.

Pada kesempatan yang sama, Indira tidak lupa menyapa seluruh peserta yang datang dari 13 provinsi. Indira pun mengajak para remaja tersebut untuk menikmati berbagai kuliner selagi berkesempatan berkunjung di "Kota Makan Enak itu".

"Datang di Makassar jangan cuma ikuti kejuaraannya, Makassar adalah Kota Makan Enak, nikmati kuliner serta wisatanya," tuturnya.

Asisten III Pemkot Makassar Mario Said, Mewakili Wali Kota Makassar menyampaikan apresiasinya kepada Ketum Perbasi Kota Makassar atas terselenggaranya Kejurnas ini.

"Ini tidak lepas dari komitmen dan perhatian dari Ketum Perbasi Ibu Indira. Salah satu indikator kemajuan kota kita adalah bisa melakukan event-event kejuaraan. Mudah-mudahan Kota Makassar bisa terus menjadi tuan rumah event," terangnya.

Mario berharap event seperti ini tidak hanya mendorong motivasi para atlet, tapi juga membantu meningkatkan ekonomi Kota Makassar. Serta semakin membawa eksistensi Kota Makassar menuju kota dunia dunia.

"Semakin banyak event. Semakin membangkitkan ekonomi Kota Makassar, sehingga bisa mengantar Makassar menjadi kota dunia," ucapnya.

Pada turnamen itu, 13 provinsi yang akan berpartisipasi dalam event ini yakni; Sumatera Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Jawa Barat, DKI Jakarta, Bali, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Papua Selatan.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024