Makassar (ANTARA) - PT PLN (Persero) bersama Pemerintah Kabupaten Wakatobi menghadirkan listrik selama 24 jam bagi 4.060 warga di Pulau Binongko, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Apresiasi kami sampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Binongko, sinergi ini menjadi penyemangat kami untuk terus menghadirkan layanan listrik di pelosok termasuk di Pulau Binongko," kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) Moch Andy Adchaminoerdin melalui keterangannya di Makassar, Senin (4/12)..

PLN berkomitmen menghadirkan listrik di berbagai wilayah Indonesia, termasuk di Pulau Binongko. Andy berharap dengan kehadiran listrik ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di Pulau Binongko.

"PLN sebagai pemegang mandat berkomitmen untuk menghadirkan listrik yang andal di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T)," tambah Andy.

Andy mencatat saat ini Beban Puncak (BP) di Pulau Binongko adalah 804 kilowatt (kW), Daya Mampu Pembangkit (DMP) sebesar 1.650 kW serta cadangan daya sebesar 846 kW sehingga cukup untuk mengoperasikan listrik selama 24 jam di pulau tersebut.

Dalam melayani masyarakat Pulau Binongko, PLN telah membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 36 kilometer sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 13,9 kms, serta 20 unit gardu distribusi dengan total kapasitas sebesar 1.151 kilo Volt Ampere (kVA).

Dalam peresmian Pengoperasian Layanan Listrik 24 jam di Binongko sehari sebelumnya, Bupati Wakatobi Haliana menjelaskan seluruh warga Pulau Binongko telah menikmati listrik menyala tanpa henti setelah sebelumnya warga di pulau tersebut mendapatkan pasokan listrik selama 14 jam.

“Atas nama warga Pulau Binongko mengucapkan terima kasih atas dukungan PLN. Berkat sinergitas ini, listrik 24 jam di Pulau Kaledupa dan Pulau Binongko dapat terwujud,” ujar Haliana.

Sebelumnya, pada 25 September 2023 lalu, PLN bersama Pemkab Wakatobi juga berhasil menghadirkan pasokan listrik non-stop bagi warga di Pulau Kaledupa.

La Rabumbaru, salah satu warga di Pulau Binongko mengapresiasi PLN karena warga pulau Binongko bisa menikmati listrik tanpa henti. “Atas nama masyarakat Pulau Binongko, kami mengucapkan terimakasih kepada PLN dan syukur alhamdulillah atas menyalanya lampu ini,” ujar pria yang berprofesi sebagai guru.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024