Kendari (ANTARA Sulsel) - Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Sultra) menyumbang Rp18,1 miliar untuk keuangan negara yang bersumber dari Penerimaaan Negara Bukan Pajak (PNBP) selama 2013.

Kapolda Sultra Brigjen Pol Arkian Lubis di Kendari, Selasa, mengatakan, penerbitan surat izin mengemudi (SIM) meraup pendapatan terbesar Rp5,9 miliar.

"Publik perlu ketahui juga bahwa kepolisian memiliki andil dalam pemasukan keuangan negara untuk membiayai pembangunan di negeri ini," kata Kapolda Arkian dalam acara keterangan pers akhir tahun 2013.

Selain pemasukan keuangan negara dari penerbitan SIM sebesar Rp5,9 miliar juga penerbitan surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan penerbitan bukti kepemilikan kendaraan bermotor (BPKP) signifikan masing-masing Rp4,3 miliar dan Rp4,5 miliar.

Sedangkan pemasukan dari penerbitan keterangan surat lapor diri dari warga negara asing sebesar Rp7 juta.

Kapolda Sultra menambahkan Polda Sultra tidak mematok target penerimaan dari pelayanan surat-surat kendaraan maupun surat keterangan lainnya.

"Polda Sultra bangga atas pencapaian penerimaan bukan pajak sampai Rp18,1 miliar tetapi bukan menjadi tujuan utama kepolisian," kata Kapolda Arkian didampingi Kabid Humas AKPB Sunarto.  I.K. Sutika

Pewarta : Sarjono
Editor :
Copyright © ANTARA 2024