Makassar (ANTARA) - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan Causa Iman Karana mengatakan, capaian inflasi di Sulsel masih terkendali dalam rentang sasaran inflasi nasional 3±1 persen (year of year/yoy).

“Inflasi gabungan lima Kota Indeks Harga Konsumen (IHK) di Sulsel terus menunjukkan tren penurunan dari 5,83 persen (yoy) di awal tahun 2023 menjadi 2,79 persen (yoy) pada November 2023,” kata Iman pada kegiatan Taklimat Media pada Akhir Tahun 2023 di Makassar, Senin.

Dikatakannya, dengan inflasi Sulsel 2,79 persen itu artinya masih di bawah inflasi nasional yang 3±1 persen (yoy). Keberhasilan tersebut dicapai karena sinergi Pemprov Sulsel, Bank Indonesia serta Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi dengan kegiatan antara lain Pertemuan Tingkat Tinggi TPID dan pelaksanaan pasar murah.

Selain itu, juga dilakukan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) serta perluasan kerja sama antar daerah, optimalisasi jalur distribusi “SIPEPPA” bersama Bulog dan Toko Ritel.

Sementara itu tekanan inflasi pada tahun 2023 diprakirakan terus menurun dan dipertahankan dalam rentang target 3,0±1 persen (yoy) dan cenderung bias ke bawah.

Pada tahun 2024, lanjut Iman, tekanan inflasi yang diprakirakan akan terjaga direntang sasaran 2,5±1 persen (yoy) seiring dengan perbaikan produksi pangan di tengah cuaca yang menjaga kondusif.

“Optimis ini karena prediksi tahun depan El Nino sudah berakhir dan kondisi perekonomian juga semakin membaik,” katanya.

Termasuk pada tahun 2024 merupakan tahun politik, sehingga perputaran ekonomi akan lebih bergairah dan juga terdapat Hari Raya Nasional Keagamaan yakni Hari Raya Idul Fitri yang dapat memberikan dampak terhadap perputaran ekonomi. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan Causa Iman Karana (ketiga kiri) pada Taklimat Media pada Akhir Tahun 2023 di Makassar, Senin (11/12/2023). Antara/ Suriani Mappong

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024