Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Makassar menggelar monitoring dan evaluasi (monev) sistem pelaporan ekosistem pemerintahan berbasis eletronik (SPBE) yang merupakan penyelenggaraan pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam memberikan pelayanan.

Staf Ahli Bidang Perekonomian Pemerintah Kota Makassar Irwan Rusfiady Adnan, di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat, mengatakan monev SPBE untuk mengukur pemberian layanan kepada instansi pemerintah, aparat sipil negara (ASN), masyarakat, serta pihak lainnya,

"Makassar sebagai salah satu kota dunia, merupakan kota yang menerapkan SPBE ini dan sebagai upaya memaksimalkan layanan yang ada," ujarnya.

Irwan menjelaskan melalui SPBE itu pihaknya dapat menyediakan layanan yang lebih cepat, akurat dan responsif kepada masyarakat, sejalan dengan visi Pemerintah Kota Makassar yaitu Makassar dua kali tambah baik dengan percepatan mewujudkan Makassar kota dunia  (Sombere dan Smart City) dengan imunitas kuat untuk semua.

"Pemkot telah memiliki berbagai aplikasi, dalam penerapan SPBE dan kita terus melakukan kolaborasi dengan SKPD lainnya untuk perbaikan dan penyempurnaan," katanya.

Pada rapat monev itu mengangkat tema bisnis proses pembangunan dan pelaksanaan pentest aplikasi Pemkot Makassar.

Penetration test (pentest) adalah sebuah metode yang dilakukan untuk mengevaluasi keamanan dari sebuah sistem dan jaringan komputer dengan cara mensimulasi penyerangan ke sistem informasi perusahaan untuk mengeksploitasi celah kerentanan yang dimiliki.

Hal ini berkaitan dengan pentingnya elemen transformasi digital yang saling terkoneksi, seperti yang tertuang dalam Peraturan Presiden No 95/2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik. Hadirnya kebijakan tersebut mengampu proses digitalisasi layanan publik yang selama ini dinilai belum optimal karena pengembangan yang masih silo, tidak terstandar, dan belum terintegrasi satu sama lain.

Ia berharap dengan terselenggaranya monitoring, evaluasi dan pelaporan pengembangan ekosistem SPBE dapat lebih memberi rasa aman bagi para pengguna sistem jaringan.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024