Makassar (ANTARA) - Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) menyiapkan 100 hektare lahan di Kabupaten Gowa dan Maros untuk budi daya pisang cavendish sebagai dukungan atas program ketahanan pangan yang diinisiasi Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin.

Adapun lahan yang disiapkan masing-masing di Pakkatto Gowa seluas 10 hektare, Brigif 3 Maros 25 hektare, Yonif 431 Maros 20 hektare, Yonif 432 Maros 15 hektare, Yonif 433 Maros 25 hektare, dan di Yonarhanud 16 Maros 15 hektare.

"Kami Kostrad di daerah Sulsel ini bisa melihat langsung. Tadi juga disampaikan Bapak Gubernur beberapa sumbangan terkait lahan tidur yang sudah kami rehabilitasi," kata Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 3 Kostrad Mayjen TNI Choirul Anam, SE, MM saat menerima kunjungan Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin dan Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari di Markas Divisi Infanteri Kostrad di Pakkatto, Kabupaten Gowa, Senin.

Divisi Infanteri 3/Darpa Cakti Yudha atau Divif 3/Kostrad merupakan satuan di bawah jajaran Kostrad yang memiliki tugas pokok membina kesiapan operasional satuan-satuan tempur di bawah komandonya, agar senantiasa siap dihadapkan pada kemungkinan pelaksanaan tugas di tingkat strategis. Wilayahnya meliputi Sulawesi, Maluku dan Papua.

Pada kunjungan ini Gubernur dan Ketua DPRD Sulsel serta Pangdivif 3 Kostrad Mayjen TNI Choirul Anam melakukan penanaman pisang cavendish.

Pangdivif 3 Kostrad menyampaikan, momen ini membahagiakan bagi Madivif 3 Kostrad karena baru pertama kali dikunjungi Gubernur dan Ketua DPRD sejak berdiri lima tahun lalu.

"Saya ucapkan sekali lagi terima kasih, semoga kita sama-sama memajukan Sulsel lebih maju lagi," sebutnya.

Sementara Pj Gubernur Sulsel menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk sinergi konkrit antara Pemerintah Provinsi Sulsel dengan jajaran Divisi 3 Kostrad, yakni melakukan penghijauan atau rehabilitasi lahan dan memanfaatkan lahan tidur untuk ekonomi masyarakat.

"Saya atas nama pemprov dan jajaran serta masyarakat Sulsel dan Ibu Ketua DPRD yang hadir langsung memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Divisi 3 Kostrad," ujarnya.

Adapun Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika menyampaikan, kedatangannya untuk bersilaturahim termasuk untuk melihat kebutuhan Madivif 3 Kostrad.

"Kita berharap juga ke depannya akan ada lagi bantuan lain yang bisa diberikan kepada teman-teman di sini dan tentu saya khususnya sebagai Ketua DPRD Sulsel. Apapun yang Pak Gubernur harapkan juga menjadi penguatan, kami lembaga legislatif Insya Allah akan berikan dukungan," jelasnya.

Pada kesempatan itu Bahtiar Baharuddin dan Andi Ina Kartika dikukuhkan menjadi warga kehormatan Divif 3 Kostrad.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024