Makassar (ANTARA) - Pj Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin menyerahkan berbagai bantuan pada peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 tingkat provinsi setempat yang dipusatkan di Lapangan Merdeka, Kabupaten Bone, Selasa.

Bantuan tersebut berupa bibit cabai, paket peralatan UMKM dan 2.500 paket sembako pada gelaran pasar murah. Selain itu, juga diserahkan 2.000 keping KTP elektronik secara simbolis kepada warga yang baru melakukan perekaman.

"Hari Bela Negara ini merupakan momentum bagi kita untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang kita cita-citakan," kata Pj Gubernur Sulsel saat membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo.

Menurut Presiden, tantangan ke depan semakin tidak terduga. "Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata, pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara. Oleh karena itu, kita harus memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu," ucapnya.

Semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Nur Ainun Laily, salah seorang mahasiswi STIE YAPI Bone, mengatakan Hari Bela Negara ini memotivasi sebagai anak bangsa bagaimana meneladani pahlawan terdahulu dan dapat jadikan pembelajaran.

Baginya, upaya bela negara dapat dilakukan dalam pemilihan umum (Pemilu) dengan cara menggunakan hak pilih untuk memilih calon pemimpin, baik eksekutif maupun legislatif.

"Menggunakan hak suara di Pemilu dan Pilkada, bagi saya merupakan bentuk hak bela negara. Karena, memilih pemimpin disertai harapan membawa NKRI lebih baik lagi," ujarnya.

Sementara itu, Muhammad Arief Munandar, siswa SMA Negeri 3 Bone mengaku senang bisa mendapatkan e-KTP yang diserahkan oleh Pj Gubernur Sulsel dan Bupati Bone.

"Senang sekali bisa dapat e-KTP yang diserahkan langsung bapak gubernur dan bapak bupati. Bisa bertemu langsung dengan beliau. Saya senang bisa digunakan untuk memilih nanti," ucapnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024