Makassar (ANTARA) - Akuatik Indonesia Sulawesi Selatan meloloskan delapan atlet renang artistik ke Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 usai tampil menjanjikan di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) 5th Indonesia Open Aquatic Championship (IOAC) sekaligus ajang pra-PON 2023.

Pelatih Renang Artistik Sulsel Selfi Melowa dikonfirmasi dari Makassar, Kamis, mengatakan tim Sulsel juga berhasil meraih medali perak di nomor duet serta medali perunggu di nomor solo dan nomor team pada Kejurnas IOAC 2023 di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno 17-20 Desember 2023.

Ia menjelaskan, para atlet lolos di tiga kategori lomba yakni Mutiara Nur Azisah (nomor solo), Mutiara Nur Azisah dan Amandha Mutiara Putri pada nomor duet.

Sementara pada nomor team masing-masing diperkuat Nurfa Nurul Utami, Rani Asriani Rahman, Nawrah Qanitah Zhafirah, Auliya Mustika Putri, Rasya Annisa Rahman, Khansa Fathiyyah Saman dan Faizura Izzulhaq

"Namun khusus nomor tim masih akan kita seleksi sebelum penentuan nama di PON 2024," kata Selfi yang juga dipercaya sebagai juri pada kejuaraan tersebut.

Kejurnas akuatik diikuti 951 atlet dari 191 klub Akuatik se-Indonesia. IOAC 2023 juga merupakan babak Kualifikasi PON 2024 Aceh-Sumut. Ada kuota 118 atlet di 30 nomor. Terdiri dari 90 atlet putra dan putri ditambah 14 atlet Aceh serta 14 atlet Sumut sebagai tuan rumah PON XXI 2024.

Ada lima sub cabang olahraga akuatik yang dipertandingkan, yakni renang, polo air, loncat indah, renang artistik, dan renang master.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024