Makassar (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar mensimulasikan cara pemungutan suara Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 009, Lapangan BTN Agraria, Jalan Tidung 10, Kecamatan Rappocini, Makassar, Sulawesi Selatan.

"Simulasi ini ujung dari bimtek (bimbingan teknis) yang sudah kami lakukan selama empat hari berturut-turut atau empat gelombang. Jadi bimtek ini supaya KPPS tahu tata cara pemungutan, penghitungan, regulasinya, ketentuannya dan tata caranya termasuk jika terjadi perselisihan," ujar anggota KPU Makassar Gunawan Mashar di Makassar, Sabtu.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Makassar ini menjelaskan, simulasi tersebut dilakukan secara nyata dengan melibatkan anggota panitia pemungutan suara (PPS) tingkat kelurahan, panitia pemilihan kecamatan (PPK) selaku kelompok panitia penyelenggara pemilu (KPPS) dan sebagian warga sekitar kompleks sebagai pemilih.

"Dari simulasi ini kita bisa belajar dari persoalan yang muncul apa saja dan tindak lanjut penyelesaiannya seperti apa nantinya. Simulasi dibuat secara riil dan semua kita libatkan, bahkan jam di mulai dan akhir pemungutan sama, serta jenis-jenis pemilihnya masuk semua," tutur mantan Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar ini.

Tidak hanya itu, beberapa kasus-kasus dibuat sekiranya terjadi kendala di TPS juga disimulasikan, seperti pemilih tidak bawa identitas yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, bagaimana penyelesaiannya termasuk pemilih membawa formulir C pemberitahuan dan datang terlambat di TPS yang di buka mulai 07.30 Wita-13.00 Wita.

  Pemilih memasukkan kertas suara di dalam kotak suara saat simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS 009 Lapangan BTN Agraria, Jalan Tidung 10, Kecamatan Rappocini, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (23/12/2023). Simulasi tersebut merupakan kegiatan akhir masa jabatan lima komisioner KPU Makassar yang berakhir pada 23 Desember 2023. ANTARA/Darwin Fatir.


"Begitu pula pemilih yang tidak ada di DPT (Daftar Pemilih Tetap) tapi memiliki KTP elektronik juga dilakukan simulasi penyelesaiannya, asalkan terdaftar domisili di wilayah TPS setempat," katanya menjelaskan.

Kemudian untuk penghitungan suara, lanjut Gunawan, juga disimulasikan seperti apa perlakuannya, dilanjutkan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (sirekap) saat proses penghitungan dan rekapitulasi suara Pemilu 2024 yang dilaksanakan KPPS dalam menginput data.

"Hal-hal seperti itu yang disimulasikan sejauh mana pengetahuan penggunaan aplikasi sirekap sehingga kita sudah punya gambaran di hari H 14 Februari 2024. Proses simulasi di mulai pemungutan sampai penghitungan suara hingga sore nanti. Tapi tentu tidak sama pada hari H, tapi diusahakan semua proseduralnya dilakukan." papar Gunawan menambahkan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KPU Makassar simulasikan pemungutan suara di TPS

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024