Makassar (ANTARA) - Bupati Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel), Budiman, menyerahkan bantuan pupuk organik untuk Kegiatan Intensifikasi Tanaman Kakao (ITK) Tahun Anggaran 2023, sekaligus mengaplikasikan penggunaan pupuk organik di Desa Tampinna.

Budiman dalam keterangan yang diterima di Makassar, Rabu, mengatakan penyerahan bantuan ini bertujuan mendorong peningkatan produksi kakao dan tanaman-tanaman hasil peremajaan para petani.

“Sebagai upaya mewujudkan visi-misi Luwu Timur telah ditetapkan sembilan program prioritas, salah satunya adalah mengupayakan peningkatan produksi pertanian, perkebunan, dan peternakan, bagi para petani yang ada di Luwu Timur ini, khususnya tanaman kakao,” kata Budiman.

Bupati mengatakan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur untuk terus memacu akselerasi pembangunan pertanian terus diwujudkan dalam berbagai kebijakan dan keberpihakan anggaran.

“Jika kita bandingkan dengan daerah-daerah lain di wilayah Sulawesi Selatan, maka kita boleh berbangga bahwa alokasi anggaran untuk sektor pertanian terus meningkatkan dari tahun ke tahun,” ujarnya didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Luwu Timur Amrullah.

Dengan penambahan anggaran tiap tahunnya, Bupati Budiman mengharapkan para kelompok tani dan pemerintah daerah dapat bersinergi dengan baik.

Sebagai gambaran, kata dia, pada tahun 2023 alokasi APBD II mendukung sektor pertanian melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan sebesar Rp58,18 miliar, kemudian  mengalami peningkatan pada tahun 2024 menjadi Rp81,6 miliar.

Kebijakan peningkatan anggaran di sektor pertanian ini sangat realistis dan objektif, kata dia, mengingat sektor pertanian merupakan motor penggerak perekonomian Kabupaten Luwu Timur.


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024