Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga Sulawesi Utara (Sulut) untuk mewaspadai potensi hujan lebat dan angin kencang hingga beberapa hari ke depan.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah kabupaten dan kota hingga tanggal 1 Januari 2024, sehingga masyarakat perlu mewaspadai guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle, di Manado, Jumat.

Dia berharap warga berhati-hati apabila melakukan aktivitas di saat cuaca ekstrem karena dapat menyebabkan banjir, tanah longsor hingga pohon tumbang.

"Kami mengajak warga mewaspadai potensi ancaman bencana hidrometeorologi, hendaknya tetap berhati-hati bila melalukan aktivitas," ajaknya.

BMKG kata dia, terus memberikan informasi melalui kanal-kanal yang telah terverifikasi dan bisa dimanfaatkan masyarakat melakukan langkah antisipasi.

Dia mengatakan potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara tanggal 30 Desember 2023.

Sementara di tanggal 31 Desember diperkirakan terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, dan Kabupaten Bolaang Mongondow.

Sementara di tahun baru, diperkirakan terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024