Makassar (ANTARA Sulsel) - Ketua PMI Pusat HM Jusuf Kalla meminta korban bencana meletusnya Gunung Sinabung di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara agar diperhatikan.

Media Officer Jusuf Kalla, Husain Abdullah dalam siaran persnya menyebutkan, Selasa menyebutkan JK tak henti-henti menelpon Ketua PMI Sumatera Utara Rahmat Shah saat berada di Kabupaten Sragen guna memastikan kebutuhan korban agar diperhatikan seperti yang dijanjikan PMI segera direalisasikan kalau perlu ditambah.

Selain itu, perbincangannya dengan Rahmat, sesuai janjinya, JK mewanti-wanti agar pasokan sayur untuk korban Sinabung terus diintensifkan. JK mengatakan bahwa kebutuhan sayur begitu penting untuk menjaga kondisi kesehatan pengungsi.

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia itu meminta PMI Sumut agar mencari supplier sayur untuk jamin ketersediaannya. Selain itu pasokan air bersih harus tetep terjaga bagi para pengungsi disana.

"Pasokan air bersih, harus terus terjamin kesediaannya sekaligus kesiapan truk tanki air yang harus ditambah dari tiga menjadi lima. Juga, jumlah tenaga sopir perlu ditambah agar tidak putus pasokan air," kata JK kepada Rahmat. Shah.

Selain itu, MantanWakil Presiden RI ke 10 ini juga memastikan PMI akan mendatangkan mobil Huglund, yakni khusus yag bisa menembus jalan terjal milik PMI, dari Padang.

Mobil ini diperlukan untuk menembus wilayah paling dekat dari Gunung Sinabung dalam upaya membantu warga atau relawan yg ingin keluar masuk di area tersebut.

Mobil Huglund tersebut pernah digunakan PMI untuk membantu para pengungsi Merapi beberapa tahun lalu. JK minta mobil ini harus tiba dari Padang dalam dua hari ke depan guna menolong para pengungsi .

Khusus dalam hal penyaluran bantuan, JK katakan pada Rahmat bahwa dirinya minta relawan PMI yang aktif bertugas pastikan bantuan disampaikan merata pada seluruh pengungsi baik yang berada di pengungsian, di masjid-masjid dan gereja-gereja di sana. M Yusuf

Pewarta : Darwin Fatir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024