Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mendorong pembangunan desa di daerah itu menjadi kawasan agrowisata melalui pengembangan budi daya hortikultura.

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Andi Muhammad Arsjad dalam keterangan di Makassar, Selasa, mengatakan pemprov setempat sesuai petunjuk Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin akan lebih fokus dalam mengembangkan desa agrowisata.

"Apalagi di Tana Toro ini lokasinya di ketinggian, jadi sangat memungkinkan pengembangan hortikultura. Ke depan kita akan jadikan Desa Tana Toro sebagai pusat pengembangan durian musang king," ujar dia saat menerima kunjungan Kepala Desa Tana Toro, Kabupaten Sidrap Abdullah Paba di Makassar.

Guna mendukung rencana itu, Pemprov Sulsel siap mendukung dalam bentuk bantuan bibit hortikultura mengingat lokasi desa itu berada di iklim yang cocok untuk ditanami komoditas tersebut.

"Kita berharap, pendekatan ini bisa jadi program dalam mendorong peningkatan desa, dari desa tertinggal bisa meningkat menjadi desa berkembang, atau desa maju, dan menjadi desa mandiri melalui konsep agrowisata," ujarnya.

Pemprov Sulsel, kata dia, selalu terbuka untuk seluruh pemerintah desa lainnya melakukan kunjungan.

"Kita di Sulsel bersyukur punya 2.000 lebih desa, semua desa punya potensi, keunikan, dan karakteristik. Kita berharap bukan hanya desa dari Sidrap yang berkunjung, tapi siapapun pemerintah desa silakan berkunjung ke sini, membangun komunikasi dan sinergisitas dengan pemerintah provinsi," ujarnya.

Kepala Desa Tana Toro Abdullah Paba mengaku berkunjung ke Pemprov Sulsel untuk berkoordinasi dengan penjabat sekda guna memohon petunjuk terkait dengan pengembangan desa.

"Bagaimana desa kami yang notabene desa terpencil dan tertinggal, suatu saat bahkan ke depan bisa menjadi desa percontohan," ujarnya.

Ia mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemprov Sulsel kepada Pemkab Sidrap, khususnya di desanya, yang salah satunya mendukung pengerjaan jalan di ruas yang menghubungkan Desa Betao Riase-Desa Tana Toro, melalui anggaran bantuan keuangan Pemprov Sulsel.

"Salah satu bukti, alhamdulillah, ucapan terima kasih ke Pemprov Sulsel dengan adanya bantuan keuangan, membangun akses jalan Desa Betao Riase-Desa Tana Toro, yang selama ini dianggap kendala berat kalau ke Tana Toro. Sudah bagus," katanya.


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024