Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) segera menyalurkan 2.827 alat masak berbasis listrik (AML) kepada para penerima manfaat di enam kabupaten di daerah itu.

"Kami sudah meminta kesediaan Penjabat Gubernur Sulbar agar meluncurkan penyaluran alat masak berbasis listrik pada awal 2024 kepada masyarakat penerima manfaat di Kabupaten Mamuju atau kabupaten lainnya," kata Kepala Dinas ESDM Sulbar Amir, di Mamuju, Selasa.

Penyaluran alat masak berbasis listrik, kata Amir, merupakan program dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Ia menyampaikan bahwa pada Desember 2023, telah dilaksanakan penyaluran sebanyak 1.036 alat masak berbasis listrik di enam kabupaten di Sulbar.

"Jadi ini penyaluran berikutnya yang dilakukan awal tahun ini dan akan diluncurkan langsung oleh Penjabat Gubernur Sulbar," ujar Amir.

Dinas ESDM Sulbar telah menerima usulan 9.727 alat masak berbasis listrik dari para kepala desa/lurah se-Sulbar, dan semuanya sudah disampaikan ke Kementerian ESDM.

"Ada juga sebagian kepala desa menyampaikan langsung proposalnya ke pemerintah pusat. Semoga seluruh usulan yang disampaikan dapat diakomodir sesuai dengan persyaratan yang ada," kata Amir.

Sebelumnya, Eksekutif Manajer PT Pos Indonesia Kantor Cabang Mamuju Takwa Setiawan menyatakan, pihaknya siap mendistribusikan alat masak berbasis listrik tersebut ke seluruh penerima manfaat di wilayah di Sulbar.

Pada Desember 2023, kata Takwa Setiawan, PT Pos Indonesia telah melakukan penyaluran alat masak berbasis listrik kepada 1.036 penerima manfaat.

"Sebelumnya, melalui PT Pos Indonesia, Pemerintah Provinsi Sulbar juga telah menyalurkan bantuan alat masak berbasis listrik dan kali ini merupakan penyaluran tahap berikutnya," ujar Takwa Setiawan.

Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan pertemuan bersama Penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh, membahas terkait pendistribusian alat masak berbasis listrik tersebut.

"Penjabat Gubernur Sulbar mendukung pendistribusian alat masak berbasis listrik melalui PT Pos Indonesia dan meminta Kepala Dinas ESDM agar membantu mensukseskan penyaluran yang akan dilakukan," katanya.

Pembagian alat masak gratis tersebut dilakukan sebagai bagian dari program yang direalisasikan oleh Kementerian ESDM.*

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024