Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggratiskan sambungan listrik kepada 490 rumah tangga sasaran di wilayah itu sepanjang tahun 2023.

"Pada 2023, Pemprov Sulbar membantu listrik gratis kepada 490 rumah tangga sasaran di berbagai wilayah di Sulbar," kata Kepala Dinas ESDM Provinsi Sulbar Amir, saat mengunjungi lokasi bantuan listrik gratis di Kabupaten Mamuju Tengah, Selasa.

Pada kunjungan itu, Kepala ESDM bersama Anggota Komisi III DPRD Sulbar memantau lokasi kegiatan bantuan listrik gratis di dua desa di Kabupaten Mamuju Tengah, yakni Desa Lara dan Tasokko Kecamatan Karossa.

"Saya bersama Anggota Komisi III DPRD Sulbar, sebagai mitra evaluasi kegiatan tersebut mengecek program bantuan listrik gratis yang bertujuan meningkatkan akses listrik bagi masyarakat," terangnya.

Pemantauan itu, lanjut Amir, merupakan bentuk evaluasi terhadap bantuan listrik gratis pada 2023.

"Kami fokus pada 490 rumah tangga sasaran di seluruh wilayah Sulbar," ujar Amir.

Setiap tahun, tambahnya, Pemerintah Provinsi Sulbar memprogramkan kegiatan bantuan pemasangan listrik gratis untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin di Sulbar.

Hal itu, tambahnya, sebagai bentuk komitmen Pemprov Sulbar dalam mengurangi jumlah warga miskin ekstrem di wilayah Sulbar.

"Meskipun ada keterbatasan anggaran, pemerintah tetap berupaya membantu desa-desa yang dianggap sebagai prioritas," kata Amir.

Sementara Anggota Komisi III DPRD Sulbar Taufiq Agus menyampaikan bantuan pemasangan listrik gratis merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memberikan manfaat listrik yang layak kepada rumah tangga kurang mampu.

Langkah itu, menurut Taufiq Agus, mencerminkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan akses listrik bagi masyarakat prasejahtera di berbagai wilayah di Sulbar.

"Saya mendukung kegiatan ini karena manfaatnya yang besar bagi masyarakat. Masih banyak masyarakat yang belum memiliki meteran listrik sendiri, dan melalui kegiatan listrik gratis ini, kami secara langsung membantu masyarakat kurang mampu," ujar Taufiq Agus.

Sedangkan, Kepala Desa Lara Suardi menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Sulbar atas pemasangan listrik gratis di wilayahnya.

Sebanyak 22 rumah tangga di Desa Lara kata Suardi, telah mendapatkan bantuan penyambungan listrik gratis tersebut.

"Tahun ini, kami berencana mengusulkan kembali karena masih terdapat warga yang belum memiliki meteran listrik sendiri," kata Suardi.

Pewarta : Amirullah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024