Mamuju (ANTARA Sulbar) - Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat melakukan koordinasi mengenai rencana pembangunan Kantor Kemenag Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) sebagai daerah otonom baru di Provinsi Sulbar.

"Kabupaten Mateng yang merupakan daerah otonom baru di Sulbar terbentuk pada tahun 2013 lalu, belum memiliki kantor Kemenag, sehingga pembangunan dikoordinasikan dengan pemerintah pusat agar dapat diwujudkan pada tahun ini," kata Pelaksana Tugas Kemenag Sulbar, Dinar Faisal di Mamuju, Jumat.

Ia mengatakan, terbitnya Keputusan Menteri Agama (KMA) tentang pembentukan Kantor Kemenag Mateng untuk lebih mendekatkan pelayanan keagamaan kepada Masyarakat, segera akan diwujudkan tahun ini sehingga Mateng segera memiliki Kantor Kemenag.

Menurut dia, Kemenag Sulbar melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat melalui Kemenag RI, tentang pendirian sarana pendidikan seperti pembangunan Madrasah Negeri didaerah Mateng termasuk di Kabupaten Mamasa yang masih kurang sarana pendidikan keagamaannya.

Termasuk kata dia, upaya penegrian Madrasah Swasta yang telah menyerahkan asetnya kepada Kemenag Sulbar untuk menjadi Madrasah Negeri.

"Ini berhubungan dengan penganggaran untuk pengembangan Madrasah kedepan di semua tingkatan, demi meningkatkan pendidikan keagamaan masyarakat di seluruh wilayah Sulbar," katanya.

Ia mengatakan, Kemenag Sulbar juga mengkomunikasikan mengenai upaya pembentukan 14 Kantor Urusan Agama (KUA) di sejumlah Kecamatan di beberapa Kabupaten dan daerah pemekaran di Sulbar agar terbit KMA untuk pembangunannya.

Ia berharap dengan sejumlah program keagamaan itu maka akan semakin tumbuh nilai keagamaan di masyarakat sehingga tercipta pembangunan yang lebih baik. ES Syafei

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024