Mamuju (ANTARA Sulbar) - Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat bertekad membangun pesantren berbasis kelautan.

"Kami bertekad membangun pesantren berbasis kelautan, tekad ini akan terlebih dahulu dilakukan komunikasi dengan Kemenag RI apakah disetujui atau tidak," kata Pelaksana Tugas Kemenag Sulbar, Dinar Faisal di Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan, apabila pemerintah pusat bersedia membangun pesantren berbasis kelautan tersebut, maka pembangunannya akan segera diwujudkan.

Menurut dia, peserta didik seperti anak pesantren perlu dibekali pengetahuan tentang kekayaan daerah di sektor kelautan karena Sulbar memiliki kekayaan akan sumber daya alam di sektor kelautan.

"Pembangunan pendidikan sektor kelautan sangat penting karena daerah ini memiliki kekayaan laut yang dapat menjadi aset ekonomi daerah mendorong kemajuan pembangunan, sehingga selain dibekali pendidikan agama anak pesantren juga dibekali pengetahuan untuk mengelola agar dapat menjadikannya aset ekonomi," katanya.

Ia mengatakan, Kemenag Sulbar terus menata diri menjadi mitra pemerintah di Sulbar dengan mendorong sektor keagamaan serta peningkatan sumber daya manusia yang mampu mendorong kemajuan daerah.

Menurut dia, sektor kelautan saat ini terus didorong pemerintah untuk dikembangkan sangat didukung, karena diyakini sangat menjanjikan bagi perekonomian masyarakat. Nurul H

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024