Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Moh Ramdhan Pomanto mendorong kesuksesan perayaan Jappa Jokka Cap Go Meh 2024.

"Perayaan Jappa Jokka Cap Go Meh adalah salah satu festival budaya yang diselenggarakan setelah tahun baru Imlek dan kami pun mendorong kesuksesan perayaan itu," ujarnya di Makassar, Kamis.

Danny -- sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan perayaan Jappa Jokka Cap Go Meh 2024 yang akan diselenggarakan itu akan mengangkat isu lingkungan sebagai bagian rangkaian kemeriahan Imlek 2024.

Ia mengatakan jika panitia penyelenggara telah menemui dirinya untuk meminta dukungannya, sekaligus menyampaikan tema atau isu yang akan diangkat pada saat perayaan.

"Saya sangat setuju ketika panitia penyelenggaranya sampaikan isu perayaannya. Saya langsung setuju, apalagi di awal tahun ini, saya sudah mengunjungi banyak kecamatan untuk menekankan perihal kebersihan Kota Makassar," katanya.

Penyelenggara Jappa Jokka Cap Go Meh 2024, Permabudhi Cabang Makassar bakal menggelar dua agenda Jappa Jokka Cap Go Meh yakni Festival Kuliner dan Budaya di Jalan Sulawesi serta menggandeng anak sekolah dalam tema lingkungan di Mall Pipo.

Persatuan Umat Budha Indonesia (Permabudhi) Cabang Makassar mengangkat tema pendidikan dengan mengajak generasi muda mengikuti senam ECO, menggalakkan makan tanpa sisa dan isu ramah lingkungan lainnya.

Wali kota mengatakan, kesadaran terhadap kebersihan lingkungan harus terus didorong ,termasuk larangan penggunaan plastik di minimarket dan swalayan di Makassar.

"Berdayakan tas rotan, minimkan plastik. Artinya semangat hidup bersih menjadi penting," ucap Danny.

Pihaknya terus mendukung kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan penguatan keimanan dan kebudayaan umat beragama di Makassar.

Menandakan bahwa Makassar adalah rumah bersama. Semua warga, semua budaya, etnis dan agama berjalan beriringan rukun, aman, dan damai.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024