Makassar (ANTARA) - Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dijadwalkan menghadiri deklarasi relawan pemenangan Prabowo-Gibran yang rencananya diikuti 50 ribuan relawan di Gelanggang Olahraga (GOR) Sudiang, Kecamatan Biringkanaya Makassar, Sulawesi Selatan pada Jumat (2/2/2024).

"Atas nama TKD (Tim Kampanye Daerah) Sulsel dan relawan, kami memohon maaf kepada masyarakat Kota Makassar apabila timbul kemacetan saat kegiatan berlangsung besok," Ketua TKD Sulsel, Irjen Pol Purnawirawan Andi Damisnur saat konferensi pers di Makassar, Kamis.

Saat ditanyakan apakah kegiatan tersebut adalah bagian dari rapat umum atau kampanye akbar diperkirakan dihadiri 50 ribuan orang berdasarkan estimasi panitia tersebut, kata Andi Damisnur, acara itu bukan kampanye tapi deklarasi relawan dari seluruh wilayah Sulsel dengan 76 kelompok besar relawan Prabowo-Gibran.

"Jadi, kedatangan pak Prabowo tidak ada unsur kampanye, hanya pertemuan relawan, pelaksananya juga oleh semua kelompok-kelompok relawan yang ada. Saat kegiatan nanti tidak ada simbol-simbol, bendera, umbul-umbul partai. Yang ada hanya gambar pak Prabowo dan lambang masing-masing relawan (bukan TKD)," tutur Damisnur menanggapi pertanyaan wartawan.

Ia menambahkan, dari jadwal semestinya kampanye Pilpres 2024 untuk Capres Prabowo dilaksanakan 28 Januari 2024 lalu, namun berhubung padatnya jadwal kampanye di sejumlah daerah sehingga tidak dilaksanakan. Kendati demikian, untuk kegiatan di GOR Sudiang dilaksanakan acara silaturahmi sekaligus deklarasi pemenangan.

"Karena itu beliau tidak mau mengecewakan pendukungnya khususnya relawan, maka relawan lah yang menggelar silaturahmi dan deklarasi di GOR Sudiang," katanya menjelaskan.

Sementara itu, Panglima Dozer relawan Prabowo-Gibran, Rully Rozano menyatakan bahwa suatu kebanggaan tersendiri bagi relawan yang berkumpul dan bersatu dalam silaturahmi disertai deklarasi pemenangan pasangan Gemoy ini sehingga acara tersebut merupakan hal yang istimewa.

"Kenapa tanggal dua, karena ini istimewa, tanggal 2, bulannya bulan 2 (Februari) dan jelas pilihannya nomor 2. Saya meminta dan sangat mengharapkan relawan bersatu padu memenangkan pasangan Prabowo-Gibran, satu putaran," katanya menekankan.

Disinggung terkait adanya insiden soal peserta kampanye calon presiden lain protes soal uang transpor tidak sesuai, kemudian videonya viral di media sosial, Rully tidak ingin menanggapi hal itu, namun pihaknya tentu tidak akan melakukan hal serupa.

"Kami tidak ada seperti itu (pembagian uang transpor). Tapi, ada anggaran disiapkan Rp250 juta untuk dibagikan kepada pedagang kaki lima dan UMKM di sekitar GOR Sudiang. Ada 250 pedagang kita bagikan, tujuannya nanti setiap relawan yang datang mau jajan bisa langsung ambil tanpa membayar, ini untuk memberikan kenyamanan bagi relawan," katanya menambahkan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.


Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024