Makassar (ANTARA) - Kementerian Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengeluarkan surat rekomendasi untuk pembukaan Program Studi (Prodi) Animasi Program Sarjana Terapan Fakultas Seni dan Desain (FDS) Universitas Negeri Makassar (UNM).

Surat keputusan ini ditetapkan pada 29 Januari 2024 oleh Mendikbudristek yang diserahkan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Kiki Yuliati dan diterima UNM pada 1 Februari 2024.

Dekan FDS UNM Dr Tangsi MSn di Makassar, Jumat, berterima kasih atas kerja sama, kerja cerdas, dan kerja keras Tim Prodi Animasi sehingga memperkaya prodi di UNM. 

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UNM Prof Karta Jayadi mengajak sivitas akademika FSD untuk segera mensosialisasikan Prodi Animasi ini agar sudah bisa menerima mahasiswa baru tahun 2024.

Prodi Animasi ini, lanjutnya, merupakan prodi yang tergolong langkah dan masih sangat jarang ditemukan. FSD UNM menjadi satu-satunya kampus di bagian timur Indonesia yang mengelola Prodi Animasi. 

Prodi Animasi lebih fokus dalam mempelajari teori dan teknik membuat animasi 2D dan 3D, animasi film, animasi gim, dan bidang lainnya yang menggunakan konten animasi.

Ia mengatakan Prodi Animasi bertujuan melahirkan akademisi yang berkarakter budaya Nusantara yang ditopang oleh nilai-nilai kearifan lokal Sulawesi Selatan, serta mampu mengkaji, mencipta, dan menyajikan karya animasi secara kreatif dan inovatif

Dengan hadirnya Prodi Animasi, maka FSD UNM membina lima prodi yaitu Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV), Prodi Pendidikan Seni Rupa (PSR), Prodi Pendidikan Seni, Drama, Tari dan Musik (Sendratasik), dan Prodi Seni Tari (ST).

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024