Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan menyalurkan bantuan bagi korban kebakaran di Jalan Domba, Kelurahan Lautang Benteng, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap.

"Bantuan yang diberikan sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Sidrap kepada warga yang tertimpa musibah kebakaran," ujar Kepala Pelaksana BPBD Sidrap Sudarmin melalui keterangan pers yang diterima di Makassar, Jumat.

Sebelumnya, api melalap rumah milik Husain (73 tahun) diduga akibat arus pendek listrik pada 31 Januari 2024. Tidak ada korban jiwa, namun rumah Husain mengalami rusak ringan.

Mengetahui hal ini Pemerintah Kabupaten Sidrap melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial langsung menyalurkan bantuan bagi korban.

Bantuan tersebut berupa makanan siap saji, kasur, sembako, tikar, selimut, dan berbagai kebutuhan dasar lainnya.

Dalam laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Sidrap disebutkan, api pertama kali terlihat di salah satu kamar kolong rumah Husain. Beruntung upaya pemadaman segera dilakukan Tim Pemadam Kebakaran Pemkab Sidrap, sehingga api tidak menyebar lebih luas.

Tak lama setelah kejadian, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Sidrap mengambil langkah-langkah tanggap dengan meninjau ke lokasi, melakukan asesmen, dokumentasi, dan pelaporan, serta berkoordinasi dengan pemerintah, babinsa, dan bhabinkantibmas setempat. 

Hadir saat penyerahan, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD, Suardi Hasnawi, Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Bencana Dinsos, Andi Warda, serta Lurah Lautang Benteng, Surianto, beserta staf.

Turut pula Pekerja Sosial, Hj. Sumiati, Pranata PB/Logistik, Andi Hernawati Natsir, Pranata PB/Kedaruratan, Adnan, serta Tim Tagana dan Pusdalops PB.

Sementara itu, Ia juga mengimbau warga untuk mewaspadai potensi terjadinya kebakaran, seperti instalasi listrik rawan korsleting, penggunaan api dalam rumah, pembakaran sampah, lahan, dan lain-lain.

“Kami mengimbau warga senantiasa waspada dan tidak abai dengan potensi kebakaran yang bisa muncul dalam kegiatan sehari-hari,” kata Sudarmin.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024