Makassar (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan kembali menggelar bimbingan teknis (bimtek) untuk pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) Pemilu 2024 Kecamatan Ulaweng, Kabupaten Bone.

"Bimtek ini untuk meningkatkan kualitas atau pengetahuan kepemiluan PTPS se-Ulaweng," ujar Koordinator Divisi Hukum dan Penanganan Sengketa (HPS) Bawaslu Bone Rohzali Putra Badaruddin melalui keterangannya di Makassar, Senin.

Dia menyampaikan bahwa Pemilu 2024 tinggal menghitung hari. Ia menyebut, Bawaslu Bone proaktif untuk memastikan proses pemungutan dan perhitungan suara berjalan lancar sesuai dengan prosedur.

Mantan jurnalis ini juga menekankan pentingnya mempersiapkan jajaran pengawas pemilu dengan pengetahuan kepemiluan atau teknis yang memadai. Selain itu, memastikan tugas dan tanggungjawab sebagai PTPS berjalan dengan baik di tiap pengawasan TPS.

Bawaslu Bone, lanjutnya, telah menyusun strategi pengawasan untuk memastikan setiap tahapan pemungutan dan perhitungan suara di TPS tidak mengalami pelanggaran. Identifikasi potensi persoalan pun telah dilakukan agar dapat dipahami dan diimplementasikan oleh PTPS.

PTPS Ulaweng diinstruksi untuk menjalankan tugas mereka dengan profesional dan berintegritas.

Rohzali mengajak jajaran pengawas pemilu untuk bekerja dengan penuh dedikasi, demi menjaga integritas dan profesionalitas dalam menjalankan tugas sebagai penyelenggara pemilu.

Ketua Panwaslu Kecamatan Ulaweng Ahwal Ahmad mengatakan bimtek berfokus pada peningkatan pengetahuan jajaran pengawas pemilu se-Ulaweng. PTPS diharap menyimak bimtek dengan baik dan bisa melaksanakan tugas semaksimal mungkin.

"Mengingat pentingnya pengawasan yang akan dilakukan PTPS, tentu dibutuhkan pengetahuan yang lebih baik lagi," ujarnya

Pada kesempatan ini, Ahwal juga mengapresiasi Komisioner Bawaslu Bone Devisi Hukum dan Penanganan Sengketa, yang telah menyempatkan waktu hadir memberikan materi bagi para PTPS se-Ulaweng.

 

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024