Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengajak Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) di daerah itu mengambil peran positif di tengah-tengah masyarakat serta menyukseskan Pemilu 2024 secara damai.

"Kita semua harus mengambil peran positif di tengah masyarakat dan salah satu peran positif saat ini yang ada di depan mata adalah menyukseskan Pemilu 2024," ujarnya di Makassar, Selasa.

Danny --sapaan akrab Ramdhan Pomanto itu-- mengatakan para pelajar atau kaum intelektual bukan hanya dituntut untuk menyukseskan pemilu damai, melainkan berkolaborasi dengan Pemkot Makassar dalam penguatan keimanan umat sebagaimana program prioritas Pemkot Makassar.

Pemkot Makassar mempunyai program penguatan keimanan, di mana beberapa kegiatan telah digagas sejak beberapa tahun, yakni Shalat Subuh berjamaah dan lainnya.

Dia mengatakan para pelajar sebagai generasi cerdas atau Gen Z harus berkontribusi karena yang merasakan masa depan mereka sendiri.

"Manusia atau individu yang beruntung di dunia ini adalah yang punya manfaat bagi orang banyak. Adik-adik di PCNU maupun IPM bisa ambil bagian dalam program Pemkot Makassar, khususnya pada penguatan keimanan," katanya.

Dia mengaku senang dengan audiensi para pelajar dan pemuda itu lantaran silaturahim sebagai hal utama dalam kepengurusan baru.

Selain itu, katanya, pelibatan pemerintah, tokoh dan elemen masyarakat untuk organisasi itu sebagai hal penting.

Dalam perbantuan dari Pemkot Makassar terhadap berbagai komunitas, pihaknya mengaku hal itu bentuk kepedulian timnya atas generasi muda dan milenial.

Dia menyarankan mereka untuk menaikkan bendera organisasi maka sebaiknya turun ke lapangan.

"Ada tahfiz harian bisa dilibatkan, berkolaborasi menjadi dai muda. Mengajak masyarakat untuk pengajian lorong dan sebagainya," katanya.

Terhadap IPM, ia mengaku, bukan hal baru, apalagi banyak lingkaran dekatnya dari Muhammadiyah.

Alhasil, katanya, eksistensi IPM dalam momentum seperti sekarang ini sebagai dibutuhkan.

"Saya sangat respect dengan kader IPM, luar biasa. Apalagi fokus teman-teman di pembekalan, training center. Jadi ini sebuah hal yang terus dibutuhkan di negara kita saat ini," ucapnya.

Pihaknya siap memfasilitasi kegiatan para pegiat komunitas pemuda tersebut, seperti gedung dan konsumsi.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024