Makassar (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan mendistribusikan logistik Pemilu 2024 ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 14 kecamatan.

Bupati Wajo Dr Amran Mahmud secara simbolis melakukan peluncuran perdana distribusi logistik Pemilu 2024 didampingi Ketua KPU Wajo, Dandim, Wakil Bupati Wajo, Kapolres Wajo di area gedung logistik KPU Wajo, Sabtu.

Ketua KPU Kabupaten Wajo Andi Rahmat Muhammad Munawar mengatakan pendistribusian logistik Pemilu 2024 dijadwalkan tiga kali, yakni Sabtu - Selasa 10-12 Februari 2024.

"Alhamdulillah, hari ini diluncurkan distribusi perdana logistik Pemilu 2024 ke TPS yang ada di seluruh Kabupaten Wajo. Dalam hal ini membutuhkan waktu tiga hari," kata Andi Rahmat.

Sinergi dari penyelenggara (KPU), pengamanan dari Kepolisian dan juga TNI dinilai menjadi kunci kegiatan ini berjalan lancar dan aman sampai ke tempat tujuan.

"Semoga distribusi logistik ini bisa berjalan lancar sampai tujuan, memenuhi semua dan tidak ada yang kurang. Insya Allah sesuai target, tiga hari nanti semua logistik sudah sampai ke masing-masing TPS yang ada," tambah Rahmat.

Logistik Pemilu 2024 yang akan didistribusikan terbagi dalam dua jenis.

Pertama yaitu logistik utama, seperti surat suara, sebagai sarana mengekspresikan hak pilih masyarakat, dan formulir penghitungan dan rekapitulasi, sebagai sarana mengadministrasikan proses pemilu. 

Kedua ialah logistik pendukung, seperti bilik, tinta, dan alat coblos.

Sedangkan untuk menjaga keamanan logistik Pemilu 2024 di tingkat Desa/Kelurahan, KPU mengimbau kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) agar pembuatan Tempat Pemungutan Suara (TPS) tidak di halaman atau lapangan untuk mengantisipasi keamanan jika terjadi hujan.

Terkait pendistribusian logistik KPUD Wajo, rencananya akan berlangsung selama tiga hari ke depan dan pada penyaluran pertama akan menyasar lima kecamatan terlebih dahulu.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024