Makassar (ANTARA Sulsel) - Sebanyak 950 calon karyawan Bosowa Grup yang dinyatakan lolos berkas pada Job Fair Bosowa menjalani psikotes di gedung Bosowa Manajemen Development Institute (BMDI) dan Rumah Sakit Awal Bros, Makassar, Sabtu.

Berdasarkan jumlah peserta yang lolos berkas sebanyak 1.500 orang dan sisanya 550 orang akan mengikuti tes pada 15 Februari 2014. Tes dilakukan pukul 7.30 Wita, 10.30 Wita dan 13.00 Wita dengan melibatkan 20 orang pengawas. Ada dua jenis tes yakni ujian intelegensi dan kepribadian.

"Semua perusahaan Bosowa Grup melakukan tes hari ini, terkecuali Nusantara Infrastuktur, Bosowa Securitas, Semen Bosowa, Bosowa Asuransi serta Bosowa Foundation. Mereka menggelarnya sendiri karena lokasinya tesnya tidak hanya di Sulsel tapi ada juga di Jakarta," kata Koordinator Job Fair Bosowa, Fauziah Zulfitri .

Menurutnya, ujian psikotes ini merupakan tahap awal tes yang harus diikuti calon karyawan dari beberapa tahapan tes sebelumnya seperti tes wawancara di HRD, wawancara user dan paling terakhir medical check up atau tes kesehatan.

Fauziah mengatakan dari tahapan tes dilakukan secara fair dan murni tanpa ada permainan, tes dilaksanakan secara objektif dan tidak ada unsur kolusi korupsi dan nepotisme. Berdasarkan kuota, sebanyak 600 posisi lowongan kerja yang akan diterima.

Bila mana nantinya hasil tes tidak mencukupi maka berkas cadangan yang sudah ada disipakan akan diambil kemudian dilakukan tes kembali seperti halnya dilakukan hari ini. "Kita akan ambil kembali berkas cadangan yang sudah ada dan melakukan tes serupa kepada mereka," ucapnya.

Ia menuturkan, peserta tes yang dinyatakan lolos akan diberikan gaji sesuai Upah Mininum Provinsi (UMP) dengen rincian untuk level terbawah dari lulusan SMA-SMK sebesar Rp1,9 juta.

"Pengumuman hasil tes sebutnya, akan dilansir secara resmi melalui melalui website Bosowa.Co.Id dan di twitter untuk itu dihimbau agar para peserta yang lolos jangan mempercayai oknum tertentu apapalgi ada iming-iming kelulusan, " tegasnya.

Fauziah menjelaskan, dari beberapa posisi dibuka group Bosowa paling diminati pencari kerja seperti Bosowa Foundation menerima posisi guru dan dosen dengan total pelamar 3.500 orang sedangkan lainnya hanya di terima 150 orang.

Dalam job fair lalu di Gedung Balai Jenderal Yusuf, ada sembilan unit bisnis yang membuka lowongan. yakni, Multi Bisnis, Media, Semen Group, Automotif, Financial Service, Property Grup, Infrastruktur, Faoundation, Resources dan Energi Grup  Agus Setiawan

Pewarta : Oleh Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024