Makassar (ANTARA Sulsel) - Ribuan orang dari 143 kelurahan se Makassar ikut ambil bagian dalam puncak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan Pemerintah Kota Makassar bersama tim penggerak PKK dan bertempat di Anjungan Pantai Losari.

Wali kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin di Makassar, Sabtu, menyampaikan bahwa kegiatan ini sengaja dilaksanakan di tempat yang sehari-hari dijadikan tujuan bersantai keluarga itu agar warga mengetahui bahwa begitu banyak hal-hal positif yang dapat dilakukan di tempat tersebut.

"Pada puncak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, kita ingin memberikan sesuatu yang beda dengan mengambil tempat di anjungan Pantai Losari yang menjadi ikon kota Makassar," ujarnya.

Ia mengatakan, sejak diresmikannya anjungan Pantai Losari itu beberapa tahun lalu, belum pernah dilaksanakan kegiatan maulid yang begitu meriah seperti pada Sabtu malam tersebut dimana ribuan warga memadati anjungan losari.

Ribuan warga ini juga ikut melantunkan shalawat dan pembacaan ayat-ayat suci Al-quran yang dilantunkan para qari` dan qari`ah terbaik di kota ini yang membuat suara makin terdengar menggema bersahut-sahutan.

Tak hanya itu, pembacaan barazanji serta lantunan lafas asmaul husna yang begitu apik dibawakan personil gabungan dari seleksi perwakilan terbaik setiap kelurahan seakan jadi magnet tersendiri yang menarik setiap pengunjung pantai untuk ikut bersama menyebutkan nama-nama Allah dalam hatinya.

"Kegiatan ini sungguh meriah, selama saya mengikuti atau pun menyaksikan pembacaan asmaul husna seperti ini, belum pernah saya menemukan dilapaskan oleh ribua orang seperti sekarang ini. Kalau ditimbang-timbang, kegiatan ini layak mendapatkan rekor Muri", ucap salah seorang panitia kegiatan.

Menurut Wali Kota Makassar dua periode itu, peringatan maulid setiap tahunnya dilaksanakan, melalui momentum ini dirinya mengajak para hadirin untuk bisa mengingat betapa besar perjuangan nabi dalam menegakkan kebenaran.

Karena itu, para warga diharapkan bisa meneladani sifat dan kepribadian Nabi Muhammad SAW dengan terus memperbiki diri masing-masing. Kalau tidak ada keinginan setiap tahun memperbaiki diri maka semua hanya sia-sia. Kalau tidak ada perubahan perilaku maka tidak ada manfaat yang didapatkan.

"Mudah-mudahan dengan acara maulid seperti ini dan adanya kesadaran dari para warga untuk memperbaiki kualitas hidupnya, semoga pantai Losari bisa membawa hikmah dari apa yang kita lakukan malam ini," ucapnya.

Selain Ilham dan ketua TP PKK Makassar, Alyah Mustika, juga tanpak Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih Moh. Ramdhan Pomnto-Syamsurizal MI duduk di deretan terdepan. Kegiatan ini semakin meriah karena juga menghdirkan da`i kondang dan kocak Ustaz Muh Nur Maulana. Agus Setiawan




Pewarta : Oleh Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024