Makassar (ANTARA) - Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan mendorong setiap sekolah menyiapkan siswa mereka agar bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi terbaik.

Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Disdik Sulsel Muhlis Mallajareng mengatakan sudah ada alat untuk mengukur kinerja setiap sekolah guna menentukan seberapa besar peluang siswanya masuk perguruan tinggi terbaik.

"Jadi kami dorong para kepala sekolah dan guru agar betul-betul mempersiapkan lulusannya sehingga bisa masuk perguruan tinggi," ujarnya pada acara tryout siswa-siswi SMA/Sederajat masuk Universitas Muslim Indonesia (UMI) di Aula Al Jibra Makassar, Jumat.

Disdik meminta pihak sekolah tidak hanya fokus pada pembangunan fisik semata, namun mengabaikan hal yang lebih penting yakni proses dan mutu pembelajaran yang berkualitas bagi siswa.

Bidang GTK, kata dia, memiliki tanggung jawab untuk mengkoordinasi dan memfasilitasi pendidikan segala tingkatan mulai dari PAUD hingga perguruan tinggi. Termasuk bagaimana mendorong kualitas pendidikan yang lebih bermutu di daerah itu.

Ia menjelaskan, UMI sebagai kampus pertama di luar Pulau Jawa yang meraih akreditasi unggul menjadi salah satu bukti jika perguruan tinggi swasta (PTS) tidak kalah saing dengan PTN. Sehingga tidak salah jika menjadi salah satu pilihan siswa untuk melanjutkan pendidikan.

"Disdik Sulsel terus mendorong peran kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan siswa agar bisa bisa melanjutkan pendidikannya hingga ke perguruan tinggi terbaik, salah satunya UMI," ujarnya di hadapan kepala sekolah, guru dan ratusan siswa yang hadir langsung dalam kegiatan tersebut.

Sementara Rektor UMI Prof Dr Sufirman Rahman, SH, MH, mengatakan pihaknya tidak hanya fokus mendidik mahasiswa dalam berbagai bidang keilmuan namun juga mendidik akhlak dan moral keislaman.

"Kami rutin melakukan kajian-kajian keagamaan. Jadi jika nanti setelah lulus menjadi hakim, kita harapkan tidak terjaring OTT karena kita sejak awal juga mendidik mahasiswa akhlak yang baik," ujarnya.


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024