Makassar (ANTARA) - Pelabuhan Pantoloan yang merupakan salah satu pelabuhan kelolaan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 mencapai kinerja positif sepanjang tahun 2023 antara lain dengan menerapkan transformasi digital.

"Pelabuhan Pantoloan terus menggenjot kinerja pelabuhan seiring transformasi digital yang dilakukan perseroan usai pengembangan pasca diterpa badai tsunami 2018," kata General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Pantoloan, Hardin Hasjim dalam keterangan persnya di Makassar, Sulsel, Jumat.

Dia mengatakan sebagai pelabuhan utama di Provinsi Sulawesi Tengah, Pelabuhan Pantoloan merupakan pelabuhan yang terbuka untuk pelayaran dalam dan luar negeri sekaligus merupakan pintu gerbang perekonomian di wilayah tersebut.

Pantoloan juga merupakan pelabuhan terbesar dan tersibuk di provinsi yang terletak di tengah-tengah Pulau Sulawesi dan sebagai pusat perdagangan menuju kawasan Indonesia bagian Timur.

Hardin mengatakan sebagai pengelola Pelabuhan Pantoloan pihaknya tidak pernah berhenti untuk berinovasi dan melakukan transformasi dalam upaya peningkatan pelayanan terutama untuk ikut serta menggerakkan roda perekonomian di wilayah Sulawesi Tengah dan sekitarnya.

“Berdasarkan hal tersebut, kami selalu terus berupaya untuk meningkatkan performa kinerja guna mencapai target yang telah ditetapkan manajemen perusahaan,” ujarnya.

Dia mengatakan, pihaknya bersyukur, menutup tahun 2023 dengan baik. Pelindo Regional 4 Pantoloan berhasil membukukan realisasi kinerja yang baik. Di mana pencapaian kinerja Perseroan rata-rata di atas 100 persen.

Menurut Hardin, sejak merger Pelabuhan Pantoloan terus berbenah diri. Capaian kinerja yang dihasilkan bisa dibanggakan. Dari sisi arus kunjungan atau call kapal, pihaknya mencatat pertumbuhan sebesar 101,96 persen dibandingkan akhir 2022.

“Pada akhir 2022 kami mencatat kunjungan kapal di Pelabuhan Pantoloan hanya sebanyak 716 call. Angka itu lantas tumbuh 101,96 persen di realisasi kinerja yang berhasil kami catat saat menutup tahun 2023,” terangnya.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024