Makassar (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin mendorong Kota Parepare bisa mengembalikan kejayaannya sebagai pusat niaga atau perdagangan.

"Harus didukung dengan produksi yang sangat besar dari para petani, nelayan, dan peternak," kata dia dalam keterangan di Makassar, Senin.

Ia menyatakan mendukung pertumbuhan ekonomi Kota Parepare melalui pengembangan pelabuhan dan pergudangan.

Untuk membuat pelabuhan ramai, katanya, harus didukung dengan produksi yang mumpuni agar kapal-kapal besar masuk untuk mengambil hasil pertanian, kelautan, perikanan, dan peternakan.

Dia mengatakan Pelabuhan Parepare pada era 1600-an merupakan pelabuhan pusat perdagangan yang ramai dan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat.

"Kalau hari ini Kota Parepare ingin menjadikan pelabuhan sebagai pusat ekonomi di Parepare, ini sebenarnya bukan menuju ke sana tapi mengembalikan kejayaan Parepare di tahun 1600-an. Nah kenapa hal ini kita tidak bisa lakukan?," ujarnya didampingi Penjabat Ketua TP PKK Sulsel saat menghadiri perayaan HUT Ke-64 Parepare.

Pada momentum tersebut, ia menyampaikan bahwa kehebatan Provinsi Sulsel tentunya didukung daerah-daerah, salah satunya Kota Parepare.

"Gubernur bisa hebat kalau semua pemerintah daerah hebat, kalau wali kota dan bupati yang hebat, dan atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kami mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Kota Parepare yang ke-64 tahun," ucapnya.

Penjabat Wali Kota Parepare Akbar Ali berharap, bantuan dari Pemprov Sulsel untuk pengembangan ekonomi melalui sektor pelabuhan dan pergudangan di daerah itu.

"Kami butuh bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah," katanya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024