Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyatakan kesiapannya untuk membantu pembentukan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Makassar dengan menyiapkan bekas Gedung Inspektorat sebagai kantor BNNK di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kami siap mendukung program Pak Jenderal," kata Ramdhan saat menerima audiensi Kepala BNN Sulsel Brigjen Pol Guruh Ahmad Fadiyanto beserta jajaranya di kediaman pribadinya Jalan Amirullah Makassar, Selasa.

Pria disapa akrab Danny Pomanto mengatakan senang karena masih banyak lorong wisata yang siap menjadi Lorong Bersinar (lorong bersih dari narkoba).

Hal itu, kata Danny, tidak lain untuk menciptakan masyarakat yang resilient termasuk upaya pencegahan dari peredaran narkoba di lingkungan masyarakat.

Sementara itu Kepala Bagian Umum BNNP Sulsel Sudaryanto mengatakan dalam audiensi itu, kehadiran BNNK berkaitan dengan instruksi presiden mengenai rencana aksi daerah pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba.

Ia menuturkan banyak fungsi dalam pembentukan BNNK ini, seperti pencegahan, penggerakan masyarakat untuk ikut melaksanakan program pencegahan dan pemulihan. Sementara, pemberantasannya bekerja sama dengan polres dan bertugas dalam intelijen.

"Nanti ketika ada pemetaan oleh BNNK maka bekerja sama dengan provinsi, kota melakukan penyelidikan, penangkapan," ujarnya.

Saat ini masih berproses. Nantinya pihaknya bersama Kesbangpol akan membuat naskah akademiknya terlebih dahulu. Selain itu, ada juga program Pemkot Makassar untuk membuat sekolah bersih narkoba.

Saran Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulsel adalah dengan memasukkan kurikulum pencegahan narkoba dalam kurikulum lokal. Selain itu, di lorong wisata (longwis) dikolaborasikan dengan BNNP menjadi lorong wisata bersih narkoba.

Dalam lorong Bersinar itu, kata dia, ada agen Bersinar yang melakukan edukasi penyuluhan dengan mencari mantan pengguna narkoba yang mampu memberikan konseling pemulihan.

Dia berharap dengan adanya program ini makin memperkuat pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkotika di Makassar, Sulsel.


Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024