Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengprov Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indoneesia (POBSI) Sulawesi Selatan, menyiapkan enam atlet terbaiknya menghadapi Kejuaraan Nasional (kejurnas) di Pekalongan, Jawa Tengah, 19-28 Februari 2014.

Sekretaris Umum POBSI Sulsel, Syarifuddin di Makassar, Selasa, mengatakan, enam atlet itu seluruhnya pebiliar putra. Mereka akan tampil di empat nomor lomba yakni single 8, single 9, 10 single serta nomor 10 double mix.

"Seluruhnya merupakan para juara pra-porda 2013. Enam atlet ini juga akan tampil di beberapa nomor, baik single atau double," katanya.

Mengenai target di Kejurnas pertama di 2014 itu, pihaknya mengaku tidak memberikan beban khusus. Hal itu bukan berarti pesimistis namun sebagai upaya agar setiap atlet bisa tampil lepas seperti halnya saat tampil di babak kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2013.

Saat ini, seluruh atlet terus fokus dalam mematangkan kemampuan. Pihaknya juga menyiapkan program latihan yang lebih rutin demi menjaga peluang meraih hasil terbaik.

Meski telah menyiapkan atlet secara matang, pihaknya mengakui masih ada kendala dalam hal penyediaan anggaran tampil di kejurnas. KONI Sulsel, kata dia, belum bisa mencairkan atau memenuhi pengajuan anggaran karena belum ditandatangani Ketua POBSI Sulsel.

"Itu yang masalah, apalagi Ketua saat ini memang masih berada di Jakarta. Namun kabarnya akan segera pulang dan kita harapkan bisa segera mendapatkan kepastian. Apalagi Kejurnas akan segera dilaksanakan," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Sulsel tersebut.

Pengprov POBSI Sulsel sejauh ini memang lebih selektif dalam keterlibatan di Kejurnas. Pihaknya hanya memprioritaskan tampil di kejuaraan yang lebih ketat, termasuk ajang internasional agar bisa memantau kemampuan atletnya.

Hal itu dilakukan mengingat agenda kejuaran biliar memang lebih banyak pada setiap tahunnya. Menurut dia akan jauh lebih efektif jika menghadapi lawan yang secara kualitas cukup menjanjikan.

Terkait kegagalan tim Sulsel di PON Jabar 2012, pihaknya berharap tidak akan terulang pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016. Pihaknya juga optimistis mengingat perkembangan dan peningkatan kualitas atlet Sulsel semakin baik.

"Tujuan kita tentu bagaimana bisa berprestasi di PON 2016. Namun kita juga berharap dengan keterlibatan atlet di Kejurnas bisa memberikan prestasi demi meningkatkan motivasi atlet," ujarnya. FC Kuen

Pewarta : Oleh Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024