Makassar (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin menggelar inseminasi buatan di Kabupaten Sidrap dan Barru sebagai wujud mendukung pertumbuhan jumlah peternak di Provinsi Sulsel.

Bersama Penjabat Bupati Sidrap, Penjabat Sekda Pemprov Sulsel dan OPD lingkup Pemprov Sulsel, ia melakukan inseminasi buatan (IB) di Kelurahan Baru Lappa, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap dengan pembagian disinfektan dan vitamin kepada para peternak.

"Kita lakukan inseminasi buatan ini di 24 kabupaten/kota untuk meningkatkan produksi dan kualitas hasil peternakan," ujarnya di Kabupaten Sidrap.

Kegiatan serupa juga dilakukan Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin di Desa Lampoko, Kecamatan Bulusu, Kabupaten Barru.

Petugas Kesehatan Hewan Kabupaten Sidrap Haris Alamin menjelaskan melalui inseminasi buatan dan pelayanan kesehatan pendapatan peternakan meningkat di daerah itu.

"Sapi ini dipelihara selama enam bulan sudah bisa dijual dengan harga Rp10 juta," kata dia.

Dia mengatakan inseminasi buatan ini merupakan program Pemprov Sulsel melalui Pj Gubernur Sulsel. Program ini dapat membantu para masyarakat Kabupaten Sidrap dalam meningkatkan ekonomi dan percepatan perkembangbiakan ternak sapi.

"Inseminasi buatan ini berkat dukungan Pemerintah Provinsi Sulsel sudah memiliki perhatian lebih terhadap masyarakat peternak, khususnya di Kabupaten Sidrap," ucapnya.

Di Desa Lampoko, Kecamatan Bulusu, Kabupaten Barru dilakukan inseminasi buatan khusus sapi Bali sebanyak 33 ekor untuk tahap pertama, kemudian tahap kedua kurang lebih 30 ekor.

Petugas Inseminator Kabupaten Barru Hariyanto mengaku proses inseminasi buatan untuk percepatan kelahiran anak sapi guna mendapatkan keturunan yang unggul pertama di faktor genetika untuk sapi Bali.

"Khusus di Kabupaten Barru ini sapi Bali yang kita utamakan. Untuk yang kita IB sekarang ini dalam keadaan birahi, yang ada di dalam kotak ini ada 13 kemudian di sebelahnya ada sekitar 20 ekor sebentar kita IB kembali lagi," katanya.

Hadir mendampingi di Sidrap Pj Sekda Pemprov Sulsel, Pj Bupati Sidrap, Wakil Ketua DPRD Sulsel, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemprov Sulsel, Kadis Perikanan dan Kelautan Pemprov Sulsel, Kadis Sosial, Kadis Koperasi, Kaban BPBD Sulsel, Karo Pemerintahan Setda Pemprov Sulsel dan seluruh hadirin lainnya.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024