Makassar (ANTARA) - Sebanyak lima dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, dinyatakan lolos sebagai reviewer nasional untuk Program Praktisi Mengajar yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Kelima dosen yakni Maria Ulviani (Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Abd Rajab (Prodi PGSD), Khilda Wildana Nur (Prodi Arsitektur), Nurazmi (Prodi Pendidikan Fisika) dan Sudarsono dari Prodi Pendidikan Sosiologi. Tugas reviewer memeriksa kelayakan proposal yang disusun perguruan tinggi pengusul.

Maria Ulviani dalam keterangannya di Makassar, Kamis, mengatakan seleksi yang berlangsung sangat kompetitif ini membuka kesempatan secara terbuka dan mengundang banyak peserta dari seluruh Indonesia.

Mewakili koleganya, Ulfa-sapaan akrabnya, menyatakan rasa bangga dan terhormat bisa terpilih dan berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia melalui program tersebut.

Program Praktisi Mengajar, kata Ulfa, mendukung kolaborasi antara dosen dan praktisi industri, diharapkan dapat menyediakan mahasiswa dengan pembelajaran yang holistik, menggabungkan pengetahuan teoritis dengan keterampilan praktis yang relevan untuk masa depan karir mereka.

Selain itu, sambung dia, Program Praktisi Mengajar juga dirancang untuk memfasilitasi pembaharuan kurikulum, memperkaya proses pembelajaran dengan best practice dari para praktisi berpengalaman, dan secara umum mengisi kesenjangan antara pelatihan akademik dengan kebutuhan dunia kerja.

Keterlibatan langsung dosen Unismuh sebagai reviewer dalam program ini menandakan peran penting mereka dalam penjaminan kualitas dan relevansi materi pembelajaran yang disajikan kepada mahasiswa, selaras dengan tujuan program dalam meningkatkan kesiapan mahasiswa untuk berkarir dan memimpin di masa depan.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024