Mamuju (ANTARA Sulbar) - Kapal PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), melakukan pelayaran perdana ke Pelabuhan Belang Belang, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

"Setelah lama ditunggu kapal PT Pelni yakni KM Binaya akan segera melakukan pelayaran perdana ke Mamuju (15/2)," kata Kepala Seksi Keselamatan Pelayaran Bidang Laut Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Provinsi Sulbar, Suparto Umar di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan, pelayaran perdana itu akan diikuti dengan survei kelayakan PT Pelni membuka rute pelayaran ke pelabuhan Belang Belang Mamuju melayani penumpang laut.

"Pelayaran itu akan diikuti tim dari PT Pelni, Kementerian Perhubungan," katanya.

Menurut dia, KM Binaya merupakan Kapal Pelni yang selama ini melayani rute di berbagai wilayah di Indonesia, diantaranya, Semarang, Sampit, Surabaya, Batulicin, Barru, Tanah Grogot, Balikpapan kemudian akan ditambah di Pelabuhan Belang Belang Mamuju bila dianggap layak.

Ia mengatakan, kapal tersebut nantinya akan melayani angkutan penumpang kelas ekonomi, sehingga akan menambah jasa angkutan laut di Mamuju.

Menurut dia, dengan dibukanya rute pelayaran di pelabuhan Belang Belang Mamuju oleh kapal Pelni maka akan meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yang melakukan aktivitas ekonomi.

"Pelabuhan Belang Belang Mamuju yang berada pada Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II posisinya sangat strategis meningkatkan transportasi laut mendorong pertumbuhan ekonomi," katanya. FC Kuen

Pewarta : Oleh M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024