Makassar (ANTARA Sulsel) - Kejuaraan Nasional (kejurnas) Karate Piala Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) akan menjadi ajang seleksi atlet memperkuat timnas Indonesia di ajang SEAKF Vietnam dan Asian Games Korea Selatan 2014.

Sekretaris Panitia Piala Kasad 2014 Prof Musakkir di Makassar, Jumat, mengatakan, sebagai ajang seleksi pelatnas maka kejuaraan yang akan digelar di Celebes Convention Center (CCC) Makassar, 3-5 April 2014 tersebut dipastikan akan diikuti para karateka terbaik Indonesia.

"Piala Kasad 2014 bertujuan menjaring karateka yang akan diproyeksikan mengikuti Pelatnas persiapan 3th SEAKF Vietnam dan 17th Asian Games di Inchoen Korea Selatan," katanya.

Pelaksanaan SEAKF Vietnam akan digelar lebih awal yakni 12-18 April 2014. Sedangkan Asian Games Korea Selatan dilaksanakan 19 September- 4 Oktober 2014.

Sesuai kuota yang diberikan Satlak Prima menyebutkan bahwa untuk Asian Games akan diikuti sebanyak delapan karateka perorangan. Sementara untuk SEAKF Vietnam tetap diupayakan mengikuti seluruh nomor pertandingan.

Sekretaris Umum Forki Sulsel ini juga menjelaskan bahwa pelaksanaan kejuaraan tahunan tersebut kembali mengalami perubahan yakni tetap digelar di Gedung CCC Makassar. Penetapan lokasi pelaksanaan juga tidak lepas dari peran Gubernur yang juga Ketua Forki Sulsel Syahrul Yasin Limpo.

Pihak penyelenggara sebelumnya mengatakan harus memindahkan lokasi pelaksanaan ke GOR Indoor Telkom Makassar karena Gedung CCC sedang terpakai. Namun dengan bantuan Gubernur Sulsel Syarul Yasin Limpo sehingga Kejurnas Piala Kasad kembali bisa digelar di Gedung CCC Makassar.

Pada pelaksanaan Piala Kasad 2014, akan mempertandingkan sejumlah nomor diantaranya kata perorangan putra/putri, kata beregu putra/putri, kumite -55kg, kumite -60kg, kumite -67kg, kumite -75kg, kumite -84kg, serta kumite +84kg putra.

Sedangkan untuk kategori kumite putri yakni -50kg, -55kg, -61kg, -68kg, dan +68kg.

"Kejurnas Piala Kasad 2014 kita targetkan bisa diikuti senanyak 700 karateka terbaik utusan Pengprov dan perguruan karate-Se Indonesia," ujarnya.

Pelaksanaan Kejurnas Piala Kasad 2014 ini, kata dia, juga dirangkaikan dengan penataran dan ujian wasit/juri. Untuk agenda ini diperkirakan akan diikuti sebanyak 250 wasit yang berasal dari berbagai wilayah di Tanah Air.

Dari 250 wasit tersebut, lanjutnya, akan terpilih sebanyak 70 wasit yang sekaligus akan ditugaskan pada Kejurnas Piala Kasad 2014. Untuk agenda penataran dan ujian akan dilaksanakan 30 Maret 2014. Sementara untuk pengumuman hasl ujian 2 April 2014. FC Kuen

Pewarta : Oleh Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024