Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) memberikan apresiasi berupa piagam penghargaan kepada perpustakaan binaan yang melaporkan kunjungan terbanyak.

Pemberian penghargaan mulai tahun 2024, dan akan diberikan kepada perpustakaan binaan Dinas Perpustakaan Kota Makassar dengan kunjungan terbanyak setiap bulannya. Penghargaan itu diberi nama Top Visited Library of the Month.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar Andi Patiware dalam keterangannya di Makassar, Senin, mengemukakan penghargaan ini diberikan setiap bulan kepada perpustakaan binaan yang meraih pengunjung terbanyak sesuai jumlah pemustaka yang dilayaninya.

"Kita mengapresiasi perpustakaan yang selalu aktif memberikan pelayanan. Perpustakaan sekolah, khususnya yang telah terakreditasi terlihat sangat aktif berdasarkan laporan yang masuk, kami mengapresiasi teman yang ada di sekolah," kata Andi Patiware.

Terkait pemberian apresiasi ini, Dinas Perpustakaan Makassar telah melakukan koordinasi dengan Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi- Selatan, serta Bappeda Kota Makassar.

Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Makassar Tulus Wulan Juni mengaku telah menjelaskan terkait pemberian penghargaan kepada perpustakaan binaan dengan capaian pengunjung terbanyak merupakan salah satu bagian strategi dalam pembinaan perpustakaan sekaligus mendorong peningkatan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) di Kota Makasaar.

Dia menyebut ada tujuh unsur IPLM, salah satu unsurnya adalah tingkat kunjungan masyarakat per hari ke perpustakaan.

"Harapannya perpustakaan binaan dapat termotivasi untuk memberikan pelayanan terbaiknya, sehingga perpustakaannya ramai dikunjungi dan pada akhirnya berdampak pada IPLM dan tingkat gemar membaca (TGM)," ujarnya.

Penghargaan ini, kata dia, juga merupakan bagian implementasi program Satu Data Perpustakaan yang masih terus dikembangkan. Melalui satu data ini, perpustakaan yang aktif dapat terpantau dan menjadi sumber data perencanaan dan kebijakan dalam pengembangan perpustakaan di Kota Makassar.

Sebelumnya, Penghargaan Top Pengunjung Perpustakaan terbanyak pada Januari 2024 diserahkan Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Irwan Rusfiady Adnan didampingi Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Andi Patiware, Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi-Selatan Andi Sangkawana, dan Perwakilan Bappeda Kota Makassar Ulfa Ichwani Ahmad pada Forum SKPD Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

Dua perpustakaan binaan Dinas Perpustakaan Kota Makassar yang mendapatkan penghargaan, yakni Perpustakaan Lagaligo SMP Negeri 4 Makassar dengan pengunjung rata-rata per hari sebanyak 70 orang dan Perpustakaan Permata SD Inpres Bakung II dengan Pengunjung rata-rata 106 per hari.

Selain mendapatkan penghargaan untuk kategori perpustakaan, Kepala Sekolah dan Kepala Perpustakaan sekolah ini juga berhak mendapatkan sertifikat penghargaan sebagai Kepala Sekolah dan Kepala Perpustakaan Terbaik dalam pencapaian Top Kunjungan Perpustakaan Terbanyak.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024